blank
Sejumlah buruh pabrik rokok yang menerima BLT DBHCHT Kota Semarang tahun 2022 tahap 2, mengantri pengambilan uangnya di mobil kas Bank Jateng, yang parkir di sebelah Masjid Balai Kota Semarang, Kamis (27/11/2022). Foto : Absa.

SEMARANG (SUARABARU.ID) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022, untuk buruh pabrik rokok Kota Semarang, diharapkan jangan dipakai untuk konsumtif, tapi lebih baik ditabung.

Pesan itu disampaikan oleh Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat memberikan secara simbolis BLT DBHCHT tahun 2022, kepada perwakilan buruh pabrik rokok dari 9 pabrik/perusahaan rokok Kota Semarang, di lantai 8 Gedung Moh Ikhsan Balaikota Semarang, Kamis (17/11/2022).

“Yang terima tadikan banyak perempuan, Saya tadi juga memberikan pesan, BLT ini jangan dipakai untuk konsumtif, sehingga kita harapkan kalau bisa dieman-eman. Karena kalau yang punya suami kan, terimanya lebih dari yang cukup. Jadi kelebihannya bisa disimpan, bisa digunakan untuk yang lebih bermanfaat,” pesan Mbak Ita, sapaan akrabnya.

BLT DBHCHT yang diterima oleh buruh pabrik rokok Kota Semarang sebanyak 1583 tersebut, lanjut Mbak Ita, merupakan BLT tahap 2 senilai Rp 900 ribu, untuk masing-masing buruh pabrik rokok.

BACA JUGA :  Selama 6 Bulan Dinas Sosial Kota Semarang Bagikan BLT DBHCHT kepada Buruh Rokok

Penyerapan Anggaran DBHCHT Kota Semarang Tahun 2022 Hampir Tuntas

“Yang diterima senilai Rp 900 ribu itu, diharapkan bisa memberikan tambahan untuk para buruh rokok. Dan ini kita harapkan di tahun 2023 bisa diberikan lebih banyak, karena sepertinya anggarannya bisalwbih besar dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah, ya tapi nanti kita hitung lagi,” harapnya.

blank
Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Heroe Soekendar, saat memberikan keterangan kepada awak media usai penyerahan BLT DBHCHT secara simbolis di lantai 8 Gedung Moh Ikhsan Balaikota Semarang, Kamis (17/11/2022). Foto : Absa.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Heroe Soekendar menyampaikan, penyaluran BLT DBHCHT Kota Semarang saat ini, merupakan penyaluran tahap kedua di tahun 2022. Dan masing-masing buruh pabrik rokok, mendapatkan BLT sebesar Rp 300 ribu per bulan, mulai dari bulan September, Oktober dan November, sehingga totalnya untuk masing-masing buruh akan menerima Rp 900 ribu.

“Kemudian untuk tahap pertama perlu kami sampaikan juga pada kesempatan hari ini sudah tersalurkan 1270 untuk buruh pabrik rokok, sebenarnya 1271 tetapi yang satu resign sehingga yang dapat tersalurkan adalah 1270 buruh pabrik rokok di kota Semarang,” ujarnya..

Total penerima dana BLT DBHCHT tahun 2022 Kota Semarang, lanjut Heroe, adalah 1583 orang buruh pabrik rokok di Kota Semarang, dari 9 pabrik rokok yang meliputi, PT Meta Prima Sejahtera, PT Prau layar, PT Pusaka Hidup, PT Gentong Gotri, PT Siyem Mandala, PT Inti Bahtera Nusantara, PT Djirak Bukit Abadi Tembakau, PT Restu Sejati Inti Abadi dan PT Restu Adhitama Jaya Sentosa.

Absa