blank
Peserta pelatihan penulisan yang diselenggarakan Bank Jateng bersama PWI Jateng. Foto: wied

SEMARANG (SUARABARU. ID) – Bank Jateng menyelenggarakan pelatihan jurnalistik dan penulisan di Hotel Aruss, Jalan Dr Wahidin Semarang, Kamis (17/11/2022).

Pelatihan yang diikuti perwakilan cabang Bank Jateng seluruh Jateng, DIY, dan Jakarta sebanyak 51 menghadirkan narasumber dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Jawa Tengah.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS dalam sambutannya mengatakan, pelatihan penulisan ini ditekankan pada pengetahuan praktis bermedia untuk korporasi.

“Targetnya bisa menulis secara benar dan efektif yang membawa maslahat bagi korporasi dan masyarakat,” kata Amir Machmud.

Dikatakan, sekarang ini banyak orang yang menulis dan menyampaikan pikiran. “Tetapi tidak semuanya memberikan hasil yang maslahat bagi masyarakat,” kata dia.blankKetua PWI Jateng sedang memberikan sambutan didampingi Kepala Subdivisi Komunikasi Bank Jateng Arief Nugroho. Foto: wied

Menulis itu harus memperhatikan teknis, etis, dan estetis. “Banyak orang yang menulis tidak menggunakan teknik dan etik yang standar, kemudian harus berurusan dengan hukum,” tambah Amir.

Ditandaskan, menulis tidak ada artinya bila tidak dilandasi hati nurani. “Etika harus menjadi kunci utama dalam format operasional,” ujar Amir.

Dalam pelatihan ini, peserta juga akan mendapatkan materi tentang UU Pers. “Undang-undang ini tak hanya melindungi wartawan, tetapi juga untuk melindungi masyarakat,” ujar Amir.

blank
Tim Divisi Komunikasi Bank Jateng. Foto: Wied

Sementara itu Kepala SUB divisi Komunikasi Bank Jateng Arief Nugroho yang mewakili Dirut mengatakan, pelatihan ini diikuti peserta perwakilan dari seluruh Cabang Bank Jateng termasuk di DIY dan Jakarta.

Dia mengajak peserta mengikuti pelatihan dengan serius dan seksama. “Banyaklah bertanya dan berinteraksi dengan narasumber,” ujar Arief Nugroho.

Wied