blank
Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, berbincang dengan Ganjar, terkait persiapan pelaksanaan HPN 2023. Foto: chandra an

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan siap untuk ikut menyukseskan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Tingkat Jateng, yang akan dipusatkan di Kota Semarang. Acara puncak menurut rencana akan digelar pada 3 Maret 2023, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jalan Pahlawan, Semarang.

”Pemakaian Gradhika untuk HPN mangga saja, bisa. Nanti dikomunikasikan dengan Diskominfo,” tutur Ganjar, dalam audiensi Pengurus PWI Jateng, di Rumah Dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (15/11/2022) malam.

Dia juga menyambut positif, rencana rangkaian HPN 2023 yang akan menggelar Pasar Rakyat di halaman depan Gedung Gradhika Bhakti Praja, dengan menampilkan berbagai produk UMKM, yang selama terakses di Lapak Ganjar.

BACA JUGA: Pudarnya Esensi Kekancan di Kalangan Milenial Jawa

blank
Ganjar berfoto bersama Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, yang didampingi sejumlah pengurus harian, usai audiensi. Foto: chandra an

Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, mengatakan, kebersamaan PWI dengan Gubernur Ganjar Pranowo selama hampir 10 tahun ini, terjalin dan terjaga dengan baik.

Diakuinya, PWI Jateng merasa sudah banyak didukung oleh Gubernur, dalam berbagai program dan kegiatan. ”Termasuk dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan, kami sudah sangat dibantu Pemerintah Provinsi Jateng melalui Diskominfo,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Amir, PWI berharap Gubernur bisa berperan serta menyukseskan peringatan HPN 2023 Tingkat Jateng. ”Tahun 2023 Pak Gub akan habis masa jabatannya. Kami dari PWI Jateng ingin memberikan semacam penanda, pada puncak peringatan HPN nanti. Kalau tahun sebelumnya Pak Gub menyampaikan Orasi Jurnalistik, tahun dikemas seperti apa, silakan,” pinta Amir.

BACA JUGA: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Tempati Kantor Baru di Ungaran

Dalam peringatan HPN 2023 Tingkat Jateng, mengambil tema ‘HPN Goes to Campus’. Rangkaian kegiatan akan digelar di berbagai kampus, seperti Seminar Kampus Kebangsaan di USM, Dialog Empat Rektor di Udinus, Dialog Media Menatap Tahun Politik 2024 di UKSW Salatiga, dan kegiatan Khotmil Quran di Unissula Semarang. Mengawali rangkaian HPN, rencananya akan dilaksanakan UKW pada 9 Desember 2022, di Kampus USM.

Dalam audiensi itu, hadir sejumlah pengurus PWI Jateng, Sekretaris Setiawan Hendra Kelana, Bendahara Zaenal Muttaqin, Wakil Ketua Bidang Organisasi Isdiyanto, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Solikun, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Bakti Yudhatama, Seksi Organisasi Sunarto dan Bakhtiar, Seksi Wartawan Foto Chandra AN, dan beberapa pengurus lainnya.

Sol