blank
Kepala Dinas PUPR Ary Bachtiar, Kabid Cipta Karya Hanif Kurniawan bersama dewan juri saat survey jalan Kartini (Foto: Dok DPUPR)

JEPARA (SUARABARU.ID )  – Untuk mendapatkan gagasan orisinil yang punya “roh” sejarah lokal  Jepara, maka digelar Sayembara Desain Beutifikasi Kawasan di Kabupaten Jepara. Desain kawasan ini akan digunakan dalam penataan Jln Pemuda, Jln Kartini dan Jln Diponegoro Jepara.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jepara Ary Bahtiar kepada tim juri tim juri Sayembara  Desain Beutifikasi Kawasan di kantornya, Rabu (16/11-2022). Tim  juri   sayembara ini terdiri dari,  Prof. Dr. Ir. R. Siti Rukayah MT ( Pakar Sejarah Urban Undip ), Prof Dr. Ing. Ir Gagoek ( Pakar Building Science Undip), Dr. Ir Rina Kurniati M ( Pakar Urban Planning ),  Djatmiko Ari ( seniman )  dan Hadi Priyanto ( budayawan ).

“Harapannya melalui desain kawasan ini,  anak-anak  dapat belajar dari sejarah dan kearifan  lokal yang dimiliki daerahnya,” ujar ketua panitia sayembara, Widodo MT dari Dinas PUPR Jepara.

Sebanyak 18 peserta dari berbagai kota ikut sayembara ini. Mereka berasal dari Jepara,  Tangerang, Banjar, Depok, Karanganyar, Semarang, Cimahi, Wonosobo dan Demak.

Sebelum melakukan penilaian,  dewan juri  melakukan survey lokasi sayembara di sepanjang Jln Pemuda, Jln Kartini dan Jln Diponegoro Jepara. Juga ada evaluasi administrasi oleh panitia dan penilaian oleh dewan juri. Sedangkan kriteria penialaian meliputi aspek teknis yang terdiri dari konsep dapat diterapkan, pemanfaatan fungsi ruang, penataan landscape dan tingkat pendetailan gambar.

Sedang kriteria non teknis mencakup unsur budaya dan sejarah Jepara, kreatifitas dan keharmonisan  antara judul, konsep dan ide. Dari penilaian ini dewan juri menetapkan 3 peserta terbaik. Sementara untuk penentuan pemenang akan dilakukan tanggal 23 November 2022, didahului dengan presentasi 3 peserta terbaik dihadapan dewan juri.

Hadepe