blank

suarabaru.id – Kue yang terbuat dari beras ketan ini memiliki banyak penggemar. Penyajiannya tidak lengkap tanpa sirup gula merah dan taburan kelapa parut.

Rasanya lembut, manis, dan terasa wanginya daun pandan.

Selain rasanya yang nikmat dan khas, kue lupis juga makanan yang sehat karena menggunakan bahan-bahan alami dan tanpa bahan pengawet, sehingga kue ini tidak tahan lama.

Berikut Bahan dan Cara Membuat lupis

• Bahan

200 g beras ketan

daun pisang untuk membungkus

lidi untuk menyemat

tali untuk mengikat

air untuk merebus

• Kinca 

100 g gula merah

50 g gula pasir

200 ml air

2 lembar daun pandan

Taburan: aduk jadi satu

¼ butir kelapa, parut

¼ sdt garam

Cara masak:

1. Rendam ketan selama 1 jam, tiriskan. Kukus dalam dandang hingga setengah matang (± 20 menit), angkat, tiriskan.

2. Bagi beras ketan kukus menjadi 4 bagian. Ambil selembar daun pisang, buat gulungan. Sematkan salah satu ujungnya dengan lidi . Masukkan 1 bagian ketan ke dalam gulungan daun hingga 4/5 penuh. Tutup ujung daun lainnya dan sematkan dengan lidi. Ikat seluruh permukaan gulungan dengan tali.

3. Masukkan ke dalam panci, tuangi air hingga seluruh gulungan terendam. Jerangkan di atas api dan rebus selama 4 jam. Bila air berkurang, tambahkan air mendidih secukupnya. Setelah matang, angkat, tiriskan. Sisihkan hingga dingin.

4. Kinca: Masukkan gula merah, gula pasir, air, dan daun pandan dalam panci, jerangkan di atas api. Masak hingga gula larut dan mengental, angkat, saring, buang ampasnya.

5. Penyajian: Buka lopis dari daun pembungkusnya, potong-potong melintang setebal 2 cm. Taruh dalam piring saji, taburi  kelapa parut dan siram kinca di permukaannya, hidangkan.