blank
Warga RW.IX nampak mulai berdatangan mengunjungi gelaran UMKM dalam kegiatan Family Gathering. Foto: Dok/H D.A

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 22 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di lingkungan RW.IX Perumahan Griya Lestari Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan Semarang ramaikan kegiatan Family Gathering, Minggu (13/11/2022).

Kegiatan Family Gathering dari warga untuk warga ini melibatkan Karang Taruna RW setempat yang diawali dengan senam bersama dan pembagian doorprize.

Ketua Panitia, Herdyan D.A melalui Yanuadi Karnaningtyas mengatakan, event Family Gathering dilaksanakan untuk menggerakkan UMKM khususnya di wilayah RW.IX.

“Ini sebagai wadah perkumpulan UMKM dari RW.IX Perumahan Griya Lestari. Ada 22 UMKM yang ikut meramaikan kegiatan hari ini,” kata Yanuadi yang akrab disapa Adi.

blank
Senam bersama warga RW. IX Perumahan Griya Lestari dalam kegiatan Family Gathering. Foto: Dok/H D. A

Menurutnya, para pelaku UMKM dari 10 RT di wilayahnya ini sudah sekitar 2 tahun mempunyai wadah. Dari berbagai makanan dan jajanan hingga tata boga ditampilkan dalam kegiatan Family Gathering ini.

Adi menyebut, kegiatan ini menindaklanjuti program dari Pemerintah Kota (Pemkot), yakni Gerai Kopimi (Gerakan Masyarakat Koperasi dan UMKM Semarang Indonesia) adalah wadah silaturahmi para pelaku UMKM di Kota Semarang yang dilantik oleh Walikota Semarang pada 16 Desember 2019 lalu.

Gerai Kopimi merupakan sebuah program besutan Pemkot Semarang sebagai wadah silaturrahim para pelaku UMKM.

Untuk memeriahkan gelaran Family Gathering sendiri masyarakat disuguhi live musik (band) dari warga setempat.

“Kita juga mempunyai band dari warga sekitar sebagai wadah para seniman yang ada di sini, dan hari ini ikut meramaikan kegiatan Family Gathering,” ungkap Adi.

Adi berharap para pelaku UMKM di wilayahnya mampu menambah kreasinya lagi. Dengan banyaknya kreasi yang dikembangkan tentu makin banyak pula peminatnya, dan diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga.

Salah satu pelaku UMKM, Endang Asiyaningsih mengaku kegiatan UMKM seperti ini sudah sering digelar baik di wilayah kelurahan maupun kecamatan.

Menurut Endang, UMKM di wilayahnya didominasi aneka makanan dan minuman. “Yang paling cepat laris ya makanan,” tukas Endang.

Selain makanan dan minuman, ada juga berbagai masker, handsanitizer, dan juga perabot rumah tangga ikut digelar dalam kegiatan ini.

Ning Suparningsih