blank
Poster Webinar yang akan digelar UKM Radio dan Podcast USM pada 19 November 2022.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– UKM Radio dan Podcast Mahasiswa Universitas Semarang akan menggelar Webinar dengan tema ”How To Make A Creative As An Employee: Interview and Cv Hacks” pada 19 November 2022 via zoom meeting.

Webinar tersebut menghadirkan Tenaga Professional BUMN dan Content Creator, serta pemenang nominasi TikTok Award pada kategori Best Learning & Education, Vina A. Muliana, S.P., M. I.Kom.

Ketua panitia, Sultana Nur Fauzia mengatakan, kegiatan tersebut terbuka untuk umum, khususnya bagi mahasiswa, pencari kerja, dan konten creator yang sedang merintis.

Menurutnya, majunya perkembangan zaman memudahkan orang untuk membuat karya dan menyebarkan ke publik melalui berbagai macam media salah satunya dengan membuat konten. Namun, menghasilkan konten yang baik dan diminati tidak mudah karena bergantung pada banyak faktor.

”Saat ini membuat karya dan menyebar luaskan bukan perkara yang rumit. Dapat dilakukan semua orang tanpa agensi. Bahkan pembuat konten bisa menghasilkan uang melalui karya yang dibuatnya. Generasi Z atau milenial giat membuat konten pada akun sosial media mereka. Tetapi membuat konten yang baik tidak boleh asal saja. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar konten diminati masyarakat,” ujarnya.

Sultana menambahkan, majunya teknologi juga berpengaruh pada seleksi pelamar kerja. Pasalnya, sekarang curriculum vitae pelamar kerja tidak dinilai dari tampilan desainnya, melainkan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan pada sebuah sistem screening.

”Proses seleksi karyawan yang dulunya dilakukan secara manual kini dilakukan menggunakan sebuah sistem yang ada di komputer. Penggunaan teknologi dapat memaksimalkan seleksi berdasarkan kriteria yang dibutuhkan. Sehingga Curriculum Vitae tidak lagi dinilai dari desainnya namun berdasarkan isi. Sistem itu dikenal dengan sebutan Applicant Tracking System. Ada beberapa tips dan trik agar sebuah CV dapat lolos seleksi ATS,” jelasnya.

Dia berharap, dengan pengalaman narasumber yang dihadirkan dapat membantu audiens menyelesaikan permasalahannya terkait pembuatan konten ataupun curriculum vitae yang ramah sistem ATS.

”Dengan segudang pengalaman narasumber yang dihadirkan, saya berharap kegiatan ini dapat memberi ilmu bermanfaat dan terdapat sesi tanya jawab untuk berkonsultasi permasalahan seputar konten dan curriculum vitae. Pendaftaran dapat diakses melalui link pendaftaran: https://bit.ly/PROMISETALK22 dengan kontribusi Rp 25.000,” jelasnya.

Muhaimin