destinasi wisata
Sejumlah peserta “One Day Tour” Eksplore Menoreh sedang berkunjung di Museum Kapal Samudra Raksa yang ada di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Foto; W. Cahyono

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- Dinas Pariwisata,Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang menggelar acara “One Day Tour” dengan mengeksplor  destinasi wisata penyangga kawasan Borobudur yang ada di sekitar perbukitan Menoreh.

“ Pada kegiatan ‘One day tour” kali ini, kami mengajak para pelaku wisata seperti influencer, pegiat media sosial, wartawan, general manager hotel, generasi pesona Indonesia (Genpi), biro perjalanan dan lainnya,” kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein .

Achmad Husein mengatakan, dengan diajaknya influencer, pegiat media sosial, wartawan  tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi dunia pariwisata di Kabupaten Magelang. Sehingga, destinasi wisata yang ada bisa dikenal dan dikunjungi pengunjung.

pihaknya juga melakukan promosi pariwisata melalui pemberitaan dan tulisan yang positif di media sosial. Sehingga potensi wisata di Kabupaten Magelang  bisa semakin terangkat.

Menurutnya,promosi wisata  di kawasan penyangga Borobudur mempunyai peranan penting  dalam memperkuat ketahanan sosial, dan budaya masyarakat  untuk membangun ekonomi warga agar sejahtera dan mandiri.

Promosi destinasi wisata tersebut sangat diperlukan sebagai salah satu upaya menghadapi  limpahan wisatawan yang tidak bisa naik ke Candi Borobudur.

Ia menambahkan,kawasan strategi pariwisata penyanggga  Borobudur,  diarahkan dapat meningkatkan perekonomian. Karena pariwisata merupakan salah satu sektor strategis yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pembangunan perekonomian nasional maupun daerah.

Achmad Husein juga berharap bagi para pelaku wisata di Kabupaten Magelang, untuk mengasah ketrampilannya agar lebih dapat berkembang.

Hal serupa juga diharapkan bagi para pemangku kepentingan di bidang pariwisata dan industri kreatif, baik yang sudah berkecimpung di bidang tersebut, maupun yang memiliki minat  di bidang pariwisata.

Ketua Forum Destinasi Tujuan Wisata Kabupaten Magelang, Edward Alfian mengapresiasi kegiatan one day tour yang dilakukan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang.

“Kami mengapresiasi kegiatan One Day Tour sebagai salah satu cara untuk mengenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Magelang,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan One Day Tour tersebut juga sebagai upaya mengenalkan destinasi wisata penyangga kawasan Candi Borobudur yang mulai tumbuh.

Adapun destinasi wisata yang dikunjungi  yakni, Pemandian Air Hangat Tirta Madu Barokah, Kecamatan Tempuran, Kampung Dolanan Tradisional Sodongan, Desa Bumiharjo, Museum Kapal Samudra Raksa, komplek Taman Wisata Candi Borobudur.

Kemudian, Gerbang Gajah di Desa Kembanglimus, Terasering Ngargogondo dan  Watu Putih di  Desa Ngardogondo, Omah Mbudur Dusun Jowahan dan Pawon Kopi Luwak serta Batik Godhong, Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo. W. Cahyono