blank
Para pencari kerja memadati UMK Job Fair 2022. foto: Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) –  Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK) , Selasa (8/11) dipadati oleh para pencari kerja yang berasal dari berbagai daerah khususnya Kudus dan sekitarnya. Para pencari kerja tersebut hadir untuk ikuti UMK Job Fair 2022 yang akan dilaksanakan selama dua hari dari 08-09 November 2022.

Sebanyak 29 perusahaan turut mengisi stand bursa lowongan kerja yang ditawarkan pada UMK Job Fair kali ini.

Rektor UMK, Prof.Dr. Ir. Darsono, M.S.i menjelaskan, UMK Job Fair dibuka dengan tujuan mempermudah para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, selain itu juga akan membantu perusahaan dalam menentukan talenta yang sesuai kriteria dari perusahaan.

“Ini adalah upaya untuk mendekatkan dan merekatkan masing-masing dimana universitas yang meluluskan sarjana akan mendapatkan kerja, sementara korporasi dan dunia industri akan mendapatkan kompetensi dan kualitas talenta yang dibutuhkan oleh mereka”, terangnya.

Rektor UMK menjelaskan, Job Fair UMK yang diadakan dua hari ini akan menjadi win win solution bagi perusahaan dengan para pelamar. Selain itu, para job seeker yang hadir juga mengalami peningkatan drastis dibandingkan dua tahun terakhir pelaksanaan UMK Job Fair.

“Jumlah partisipasi job seeker pada pelaksanaan kali ini mencapai 3.000 pendaftar yang mendaftar secara online, itu belum termasuk pendaftaran secara on the spot”, ungkapnya.

29 Perusahaan yang hadir di UMK Job Fair diantaranya seperti, Sukun Wartono Indonesia, Pura Group, Nojorono Tobacco Internasional,Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, PT Indosat Tbk, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk dan masih banyak yang lain.

“Setelah saya keliling beberapa stand perusahaan, terdapat sekitar 2-5 lowongan yang ditawarkan, estimasinya ada 150 lowongan yang dapat dimanfaatkan”, ucap Rektor UMK.

Sementara itu, Assa Finisia salah satu pencari kerja yang hadir di UMK Job Fair mengungkapkan, dirinya cukup terbantu dengan diadakannya bursa kerja seperti ini.

“Ada beberapa perusahaan yang menjadi target lamaran saya, semoga dapat lolos dan diterima”, ucapnya. Dirinya juga berharap, agar acara seperti ini akan semakin banyak diadakan untuk menjadi wadah para pencari kerja yang memang membutuhkan pekerjaan.

“Semoga semakin banyak lagi peluang pekerjaan yang disediakan, kalau bisa perusahaan yang hadir tidak hanya sekitar Kudus saja namun perusahaan tingkatan nasional”, ungkap perempuan asli Kudus ini.

Pada penyelenggaraan UMK Job Fair kali ini juga menghadirkan workshop career yang diisi oleh para HRD perusahaan terkenal yang nantinya akan bermanfaat bagi para pencari kerja.

Workshop career ini memberikan tips dan trik bagi para job seeker yang bisa menjadi senjata dirinya untuk dapat bergabung dengan perusahaan yang mereka inginkan.

Ali Bustomi