BPJS KETENAGAKERJAAN
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Pengasuh Pondok Pondok Pesantren Sirojul Muhklasin II Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, KH Minanurrahman Anshori pada Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Pondok Pesantren Sirojul Muhklasin II Payaman. Foto; (wiedyas)

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Magelang terus melalukan sosialisi bagi kepada pekerja yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar. Karena, saat ini  pekerja  informal di Kota dan Kabupaten Magelang yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan masih relatif cukup kecil.

“Untuk meningkatkan jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan, kami  secara masif akan terus memberikan sosialisasi bagi kepada pekerja yang sudah terdaftar maupun yang belum terdaftar,” kata Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Magelang, Budi Pramono di sela-sela Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Pondok Pesantren  Sirojul Muhklasin II Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Sabtu (5/11/2022).

Budi Pramono mengatakan, saat ini jumlah pekerja informal yang ada di wilayah  Kota Magelang dan sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baru sekitar 36 persen. Sedangkan, di wilayah Kabupaten Magelang baru 13 persen.

Budi Pramono mengatakan,  pihaknya  berkomitmen untuk  terus memberikan perlindungan pekerja di seluruh wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang. Karena itu, sudah menjadi tugasnya  dalam penyelenggaraan jaminan ketenagaakerjaan.

“Tugas urama BPJS Ketenagakerjaan ini yakni memberikan perlindugan sosial secara parpipurna dan mencakup seluruhnya,” ujarnya.

Budi mengatakan, perlunya adanya peran dari pemerintah  untuk menunjang  program penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut .

Ia menambahkan, saat ini  jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di sektor formal mencapai sekitar 26.000 orang, tenaga non_ASN dan OPD sebanyak 7.093 orang. Sedangkan tenaga kerja informal 8.740 orang dan tenaga kerja sektor konstruksi  22.174 orang.

Selain itu, dari Januari hingga September lalu, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Magelang telah membayat klaim jaminan kematian, jaminan hari tua , jaminan pensiun dan jaminan klaim pekerjaan, dengan jumlah15.775 kasus dengan total pembayaran sebesar Rp 168 miliar.

Pengasuh Pondok Pondok Pesantren  Sirojul Muhklasin II Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, KH Minanurrahman Anshori  mendukung  progam BPJS Ketenagakerjaan  bagi para pekerja informal.

“Untuk guru dan pengasuh Pondok Pesantren Sirojul Muhklasin II Payaman sudah lama menjadi peserta , BPJS Ketenagakerjaan,” katanya. W. Cahyono