Rektor Untidar
Rektor Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang terpilih Prof Dr Sugiyarto, saat menyampaikan misi dan visi calon Rektor Untidar Magelang beberapa waktu lalu. Foto; W. Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)-Prof Dr Sugiyarto MSi terpilih menjadi Rektor Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang periode 2022-2026.

Pada pemungutan suara calon rektor di ruang Multimedia, Untidar Magelang, Rabu (2/11/2022), Sugiyarto  meraih suara terbanyak  yakni 21 suara.

“ Diurutan kedua, Prof Hadi Sasana  mendapatkan  10 suara dan Prof Sukirno tidak mendapatkan suara,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor  Untidar, Sujatmiko.

Sujatmikomengatakan,  setelah proses pemungutan suara pemilihan rektor tersebut, pihaknya akan mengirimkan  hasil pemungutan suara termasuk  berita acara ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“ Seluruh hasil pemilihan  pemungutan suara pemilihan rektor akan kami kirimkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selanjutnya, dimintakan untuk dilakukan upacara pelantikan,” katanya.

Ia menambahkan, dalam proses pengambilan suara  pemilihan rektor tersebut total jumlah suara sebanyak 31 dan   diikuti oleh 20 anggota senat dan satu orang  perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menurutnya, dalam proses pemilihan tersebut, seluruh suara dari angora senat setara 65 persen. Sedangkan perwakilan kementerian mendapatkan 11 suara atau senilai  35 persen dari jumlah keseluruhan senat.

Ia menambahkan,

Menurutnya, kemungkingan upacara pelantikan Rektor Untidar yang baru tersebut akan dilakukan pada Desember mendatang  atau bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan rektor lama , Prof Mukh Arifin yang akan berakhir pada 22 Desember mendatang.

Namun, untuk pelantikan rektor baru merupakan kewenangan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan , Riset dan Teknologi. Sementara, panitia telah menjalankan tugas pemilihan rektor dan berlangsung dengan lancar.

Tahapan pemilihan Rektor Untidar tersebut  telah dimulai sejak  17 Juni 2022 lalu, mulai dari tahapan penjaringan, penyaringan, pemilihan dan dilanjutkan penetapan dan pelantikan rektor pada Desember 2022 mendatang.

Rektor terpilih, merupakan Guru Besar Fakultas MIPA, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta dan saat ini  menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untidar Magelang( 2019-2023).

Sebelumnya, pria kelahiran Klaten 30 April 1967 tersebut pernah menjabat sebagai Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas MIPA, Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta( 205-2019). Sedangkan biografi kependidikannya, gelar Sarjana Strata 1 (S1) Fakultas Ilmu Biologi  program studi Biologi Lingkungan,Universitas Gadjah Mada lulus tahun 1991. Kemudian melanjutkan program S2-nya di Institut Teknologi Bandung bidan studi Biologi, lulus tahun 1995. Dan lulus dari program S3 ilmu Pertanian tahun 2004 silam. W. Cahyono