blank
Personel TNI dari Koramil-14 Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur dalam LDK bagi para pengurus baru OSIS dan MPK SMA Negeri 1 Jatisrono, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pengurus baru OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMA Negeri 1 Jatisrono, Wonogiri, menjalani Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Penerangan Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, dalam menjalani LDK para pengurus baru OSIS dan MPK mendapatkan pembimbingan dari instruktur personel TNI dari Koramil-14/Jatisrono Kodim 0728 Wonogiri. Yakni Serma Suradi, Serka Suyadi dan Serda Agus Guridno.

Tim instruktur ini, memberikan materi PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara), pelatihan Tata Upacara Peraturan Baris Berbaris (TUPBB). Tujuannya, untuk membentuk karakter dan menumbuhkan semangat patriot, sikap disiplin, serta jiwa nasionalisme.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 60 siswa, dengan mendapatkan pendampingan dari Kepala Sekolah SMA Negeri I Jatisrono, Slamet bersama Guru Pembina OSIS Erna Kritianingsih.

Serma Suryadi mengatakan, LDK bagi siswa pengurus OSIS dan MPK, menjadi salah wahana pembinaan mental generasi muda dan merupakan salah satu cara untuk melatih para calon pengurus OSIS MPK yang baru menjalani reorganisasi kepengurusan.

Penggerak Siswa
 
Sebagai organisasi resmi satu-satunya di sekolah, OSIS diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia sejak 21 Maret 1970. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah.

Organisasi pelajar ini, merupakan wadah pembinaan kesiswaan untuk pengembangan minat, bakat, serta potensi siswa. Berfungsi sebagai wadah untuk membicarakan berbagai hal tentang kegiatan sekolah.

Adapun MPK adalah suatu organisasi di sekolah, yang bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung.

Kepada mereka perlu diberikan pembekalan melalui kegiatan LDK. Tujuannya, agar para pengurus OSIS dan MPK yang baru, memiliki jiwa kepemimpinan dan sukses dalam menjalankan apa yang diamanahkan.

Bambang Pur