blank
Beberapa undangan saat menabur benih ikan di Kali Bening, (Dok PWI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kegiatan Tebar Benih Ikan yang diselenggarakan Artos Mall dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) rampung digelar dengan sukses. Segenap tamu undangan yang hadir bersama-sama melepas 11.000 benih ikan nila di Kali Bening, Kawasan Sport Center Gelora Sanden pada 30 Oktober 2022.

Rilis dari PWI Kota Magelang Rabu (2/11) menerangkan, kegiatan iktu merupakan penutup dari rangkaian acara HUT Ke 11 Artos Mall yang bertajuk “Aloha”, dan peringatan 94 th Hari Sumpah Pemuda.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Joni Indarto menyebutkan, ekosistem sungai adalah bagian penting yang perlu diperhatikan.

‘’Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bersinergi dan bekerja sama menjaga ekosistem sungai. Ekosistem yang baik akan bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat,’’ ungkap Joni.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Agung Widiantoro memberikan sambutan positif terhadap kegiatan tebar benih ikan.
Ia mengatakan, kegiatan sosial ini memiliki dampak yang baik bagi lingkungan, ekonomi dan ketahanan pangan.

‘’Bagi lingkungan tentunya ikan-ikan yang ditebar akan menggantikan stok ikan yang sudah punah, kemudian memperkaya keanekaragaman hayati di lingkungan sungai atau kali. Pada bidang ekonomi juga membantu masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Caranya dengan di konsumsi atau dijual,’’ tutur Agung.

Bibit-bibit ikan yang dilepaskan memberikan andil kepada ketahanan pangan.

Agung menambahkan, fungsi dari mengkonsumsi protein pada ikan dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi angka stunting. Hal tersebut juga dapat menjadi alternatif pangan dan referensi pengganti produk makanan hewani seperti daging, susu, dan telur.

Edita Purwa, Marcomm Head Artos Mall mengatakan, pemilihan kegiatan tebar benih ikan bertepatan dengan tema “Aloha” yang identik dengan nuansa air. Pihaknya ingin menggagas kegiatan pelestarian lingkungan.

‘’Ini merupakan event gong-nya dari rangkaian HUT Artos. Rangkaian HUT sudah dimulai akhir September hingga akhir Oktober. Tebar benih ikan ini menjadi acara puncaknya,’’ kata Dita.

Ia mengatakan, dengan 11.000 benih ikan yang dilepaskan, Artos Mall dapat memberi kebermanfaatan dan menuai kebaikan yang lebih lagi.

‘’Harapannya, Artos dapat semakin ramai dan berdampak baik untuk kota, kabupaten bahkan se-Karesidenan Kedu. Artos Mall dapat terus meningkatkan pelayanan dan memberikan pelayanan belanja terbaik untuk pengunjung,’’ pungkasnya.

Kegiatan tebar benih ikan yang bersamaan dengan Pasar Raya Gelora Sanden (PRGS) dibuka dengan acara rutin PRGS, yaitu senam bersama. Kegiatan tersebut turut mengundang Komunitas Peduli Kali Magelang, Komunitas Magelang Bike serta dihadiri oleh Duta Wisata Kota Magelang dan Duta Genre Kota Magelang.

Doddy Ardjono