blank
Serah terima jabatan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara. Foto: Dok/Kanwil

PURWOKERTO (SUARABARU.ID) – Serah terima jabatan Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Purwokerto dan Kepala Rutan Kelas IIB Banjarnegara berlangsung di Aula Lapas Narkotika Purwokerto, Rabu (2/11/2022).

Dalam pelaksanaan sertijab disaksikan oleh Kadiv Administrasi, Jusman mewakili Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dr A Yuspahruddin.

Diketahui dari Lapas Narkotika Purwokerto, Teguh Hartaya menyerahkan kepimpinannya kepada Irfan selaku Plt. Kepala Lapas yang baru karena memasuki masa purna tugas.

Sementara dari Rutan Banjarnegara, Karyono pimpinan sebelumnya memindahkan tongkat komando kepada Bima Ganesha Widyadarma. Diketahui, Karyono mendapatkan amanah baru sebagai Kepala LPKA Ternate.

Kadivmin mengungkapkan, belakangan ini banyak Surat Keputusan Menkumham tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan administrasi di lingkungan Kemenkumham yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham dan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng. Artinya banyak mutasi dan rotasi sebagai tindak lanjut dari SK tersebut.

Jusman mengatakan untuk tidak apriori dan resistance. Karena menurutnya itu merupakan bagian dari mekanisme pengembangan diri. “Kalau ada SK, janganlah apriori, jangan resistance. Jangan beranggapan buruk. Kalau ada SK, terutama mutasi karena itu bagian dari pengembangan SDM,” sambungnya.

Menurut Jusman, mutasi dan rotasi merupakan media untuk mengasah kemampuan di tempat yang berbeda, dengan beban kerja yang berbeda, dengan lingkungan yang berbeda, dengan kondisi yang berbeda dan dengan tugas yang berbeda.

“Kita harus mampu mengemban amanah apapun dan dimana pun ditempatkan. Itu cara kita mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang pernah didapat untuk diimplementasikan di tempat lain,” terangnya.

Jusman berpesan kepada pejabat yang baru agar menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Dapat menimba ilmu secara maksimal dan segera beradaptasi dengan kondisi terkini.

Ikut menyaksikan kegiatan, beberapa Kepala UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jateng, dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banyumas.

Ning Suparningsih