blank
Pembagian sayur-mayur dan buah-buahan kepada lansia, sebagai upaya pemenuhan gizi dalam program melek gizi. Foto: Dok/LAZiS

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bersama Xiaomi, LAZ Al Ihsan (LAZiS) Jawa Tengah menggelar “Program Melek Gizi” untuk lansia, ibu hamil dan balita di Kota Semarang, Selasa (1/11/2022).

Dalam kegiatan ini diikuti 40 lansia, 15 ibu hamil dan 20 balita yang berlangsung di Serambi Masjid Nurul Falah Batursari, Sawah Besar Gayamsari, Kota Sematrang.

Direktur Program LAZiS Jateng, Ariyanto mengatakan, Jawa Tengah menjadi satu dari 12 Provinsi prioritas percepatan penurunan stunting.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan pada 2021, dari 44.058 balita di Kota Semarang, 3,1 persen diantaranya menderita stunting.

“Jumlah anak penderita stunting tersebut tersebar di 153 kelurahan di Kota Semarang. Sedangkan untuk lansia dari data yang ada, Jawa Tengah menempati posisi kedua dengan jumlah lansia terbanyak di Indonesia,” ujar Ariyanto.

Ia menyampaikan, program melek gizi ini merupakan salah satu bentuk dukungan sosial LAZiS Jateng pada program pemerintah ‘Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng” yang bertujuan mengurangi angka kematian ibu dan bayi, juga menekan angka stunting di Jawa Tengah. Selain itu juga sebagai bentuk perhatian kepada para lansia yang rentan terkena penyakit.

“Alhamdulillah, bersama Xiaomi, LAZiS Jateng bisa menyelenggarakan program melek gizi, dimana selain pembagian sembako, sayur mayur dan buah buahan sebagai upaya pemenuhan gizi bagi balita, ibu hamil dan lansia, juga ada edukasi kesehatan,” terangnya.

Dirinya berharap semua yang ada disini bisa lebih melek gizi dan mempunyai pola hidup yang sehat kedepannya.

Triwigati, Ketua Lansia Sawah Besar Semarang mengungkapkan terima kasih kepada Xiaomi dan LAZiS Jateng yang telah mengadakan program ini.

Menurutnya, kegiatan ini sangat berarti untuk menjadi acuan kedepannya. “InsyaAllah ilmunya menjadi bekal kami sebagai lansia yang hebat, bukan hanya berdiam diri, tetapi setidaknya bisa mengatasi kebutuhan kita sendiri,” ucapnya.

Ning Suparningsih