Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, menyerahkan penghargaan kepada perwakilan atlet basket USM, juara 2 liga mahasiswa bola basket tingkat nasional. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Univesitas Semarang (USM) memberikan penghargaan kepada 204 mahasiswa yang berprestasi akademik dan nonakademik di tingkat daerah maupun internasional di Gedung V Prof Ir Joetata Hadihardaja, baru-baru ini.

Kegiatan ini dihadiri Rektor, Dr Supari ST MT dan sejumlah perwakilan Organisasi Kemahasiswaan (Orma).

”USM adalah universitas yang peduli dengan prestasi mahasiswanya, baik prestasi akademik dan prestasi non akademik, seperti seni dan olahraga, yang pada kesempatan kali ini memberikan reward atas penghargaan yang telah dicapai. Saya sangat bangga dan mengapreasi prestasi yang telah diraih. Saya berharap akan banyak mahasiswa lain yang berprestasi sehingga USM dapat dikenal sebagai kampus yang bertabur prestasi,” katab Junaidi.

Dia mengatakan, prestasi akademik yang diraih oleh mahasiswa USM, di antaranya Wayan Suntri (juara 1 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional Edirasia 2022), Dimas Gustian Saputra (juara 2 Lomba Karya Tulis ilmiah Tingkat Nasional Edirasia 2022), Aditya Pradana (juara II Krenova), Muhamad Ali Firdaus, Ahmad Agus Shofyan Muzani, Putri Saidaty Widianingrum (juara II Civil Bridge Competition Unisma 2022).

Sedangkan, prestasi nonakademik yang diraih oleh mahasiswa USM antara lain Desima Aqmar Syarafina (juara I bulu tangkis beregu PON XX 2021), Dayinta Sylvia Kinanti (Juara 1 Voli Putri Pomprov 2022), Bagus Dwi Cahyono (juara I Bola Basket Porsimaptar), Fabio Salfa Riscky (juara I Tarung Drajat Putra 52-55kg Pomprov 2022), Debora Pungky Cahyadewi (juara II Beregu Putri POM ASEAN 2022), Ahmad Najib Chairuddin (juara II Taekwon-do Kyorugi – under 68 KG – Pomprov 2022), dan Yordan Ezra Marcelino (juara II Lima basket 2022).

”USM tidak hanya memberikan penghargaan, namun juga beasiswa selama masa studi, sehingga bagi para atlet yang masih bersekolah di Sekolah Menengah Atas dapat mendaftarkan diri ke USM untuk mendapatkan beasiswa,” ujarnya.

Muhaimin