blank
Dalam melakukan Baksos menyambut HUT Ke-71 Humas Polri, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Swi Susanto dan Ketua Bhayangkari Ny Nadia Dydit (kedua dan kesatu dari kanan), menyerahkan bantuan sembako kepada keluarga penderita lumpuh karena kecelakaan kerja.(Dok. Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran Polres Wonogiri, menggelar kegiatan bertajuk Baksos Humas Presisi dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Humas Polri.

Ada tiga sasaran Baksos, yakni kaum duafa yang menempati rumah sederhana di tengah hutan Alas Ketu Wonogiri, warga kurang mampu dengan kondisi fisik lumpuh, dan korban bencana alam tanah longsor.

Dengan Tema “Humas Polri Yang Presisi Bangkit Bersama Masyarakat Menuju Indonesia Maju,” Baksos digelar Hari Jumat sampai dengan Senin Tanggal 28 sampai dengan 31 Oktober 2022).

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, pada Hari Jumat (28/10) bersama PJU Polres memberikan bantuan 20 zak semen kepada korban longsor di Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Sabtu (29/10) memberikan bantuan sembako kepada warga yang lumpuh atas nama Simun (40) di Lingkungan Jetis RT 3/RW 6, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kemudian Hari Senin (31/10) dipimpin Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto dan Ketua Bhayangkari Ny Nadia Dydit, memberikan bantuan sembako kepada kaum duafa yang tinggal di tengah hutan Alas Ketu. Yakni kepada Nenak Karini (63) warga Lingkungan Salak RT 2/RW 4 Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Penerima Bantuan

Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, menyatakan, sasaran penerima bantuan dalam kegiatan Baksos kecuali warga yang menjadi korban bencana alam dan kaum duafa, juga warga berstatus difabel. ”Melalui kepedulian ini, semoga bermanfaat dan makin mempererat tali silaturahmi Polisi dengan masyarakat,” tandas Kapolres.

Terkait cuaca tidak menentu yang dapat berimbas memunculkan bencana alam, kepada masyarakat dipesankan agar meningkatkan kewaspadaannya. Yakni melakukan mitigasi bencana dalam kiat meminimalisasi timbulnya korban maupun kerugian.

Bila terjadi bencana, tandas Kapolres, masyarakat diminta segera melapor. ”Polisi siap memberikan bantuan bersama dinas dan instansi terkait, baik BPBD, TNI, SAR, dan unsur lainnya,” jelas Kapolres.

Kepada semua anggota dan seluruh personel Bhabinkamtibmas, diminta senantiasa siaga siap untuk memberikan bantuan manakala terjadi bencana. Itu sebagaimana bencana alam tanah longsor di Dusun Plalar Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri beberapa waktu lalu.

Tim Polres Wonogiri dipimpin Kabag SDM Kompol Prawito dan Kasat Samapta AKP Soepardi, memberikan bantuan material ke warga yang terkena korban tanah longsor. Penyerahan bantuan disaksikan Kapolsek Jatipurno AKP Hartoyo dan anggota beserta personel dari Koramil-15 Jatipurno Kodim 0728 Wonogiri.

Bambang Pur