blank
Direktur RSUD dr Soedirman Widodo Suprihantoro (kanan) didampingi Ketua PWI Kebumen Supriyanto memberikan penjelasan pada temu media di Jembangan Wisata Alam Poncowarno, Senin 31/10.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedirman Kebumen pada 20-23 September lalu telah berhasil meraih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI.

Lebih membahagiakan karena proses akreditasi tersebut menggunakan standar terbaru STARKES Kemenkes Tahun 2022.

Direktur RSUD dr Soedirman Kebumen dr H Widodo Suprihantoro MM mengungkapkan hal tersebut pada temu media di Jembangan Wisata Alam (JWA) Kecamatan Poncowarno, Kebumen, Senin (31/10).

”Alhamdulillah berkat kinerja yang baik seluruh civitas hospital dan juga dukungan media, RSUD dr Soedirman untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat semakin menunjukkan hasil yang baik,”ujar dokter Widodo Suprihantoro didampingi jajaran manajemen RSUD dr Soedirman.

Menurut dr Widodo, keberadaan media sangat efektif dalam menyalurkan ide atau gagasan dari suatu lembaga atau institusi tertentu dalam bentuk keterampilan mencari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa secara proporsional, guna memenuhi segala kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut dirinya mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang secara terus menerus mempublikasikan berita-berita baik terkait perkembangan kondisi dan peristiwa-peristiwa penting lain yang terjadi di RSUD dr Soedirman.

“Saya melihat peran media begitu besar. Tanpa media, masyarakat akan sulit mendapatkan update informasi tentang pelayanan-pelayanan dan inovasi yang selalu dilakukan oleh RSUD dr Soedirman Kebumen.”

Layanan Subspesialis Anak

Menyinggung perkembangan pandemi Covid-19 yang sudah semakin melandai, lanjut Widodo, menjadi berita baik untuk kita semua. Terutama bagi insan Kesehatan di RSUD dr Soedirman Kebumen. Data pada Jumat 28/10 jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit pemerintah tersebut 28 orang. Namun pada Sabtu 29/10 jumlah pasien Covid-19 tinggal 3 orang.

Meski begitu Widodo menjamin untuk pelayanan rawat inap bagi pasien Covid -19 di RSUD dr Soedirman tetap menjadi prioritas. Kasus baru terus melandai dan semakin jarang, namun pihaknya tetap menyediakan ruangan khusus bagi pasien Covid-29 di Bangsal Kenanga.

Menurut Widodo, sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kebumen di bidang kesehatan, RSUD dr Soedirman akan berupaya maksimal melibatkan segenap manajemen didukung penuh para tenaga medis, dokter dan perawat serta karyawan. Termasuk menambah sarana prasarana kesehatan dan alat kesehatan secara bertahap.

Beberapa inovasi layanan atau tambahan pelayanan di RSUD dr Soedirman di antaranya kini telah ada layanan dokter Subspesialis Anak (Neonatologi) dr Wahyu AM SpA SubSp Neo (K). Kemudian Layanan Poli dokter Spesialis Urolog, dr Andreas Pramudito Sp U, mulai 1 November 2022.

Pihaknya juga sedang menambah sarana kesehatan pengadaan CT Scan 128 slice yang saat ini dalam proses. Sedangkan kecepatan pelayanan atau daftar tunggu di tiap poli masih terus diupayakan dengan menambah ruang poli rawat jalan. Hal itu agar pelayanan pasien menjadi lebih cepat dan tidak mengantre terlalu lama.

Widodo mengakui, peningkatan dan inovasi pelayanan di RSUdDdr Soedirman mendapat dukungan penuh dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Bahkan Bupati secara rutin memberi arahan langsung agar rumah sakit semakin memposisikan diri memberi pelayanan cepat dan terbaik kepada masyarakat yang sakit maupun yang sehat.

Komper Wardopo