blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Ranting (Kwarran) Mlonggo, Sabtu (29/10/2022), menggelar acara bakti sosial membersihkan Pantai Selayar. Pantai yang memiliki beragam vegetasi hutan bakau itu, terletak di Desa Jambu, Kecamatan Mlonggo.

Ketua Kwarran Mlonggo Tyas Titik mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh semua anggota Pramuli Kwarran Mlonggo, utusan SMA, MA, dan SMK, serta anggota organisasi Lindu Aji Desa Jambu. Selain untuk membantu pegembangan wisata mangrove di Pantai Selayar, kegiatan ini juga dilakukan rangka menindaklanjuti Surat Edaran Kwartir Cabang Jepara nomor 0501/ 1120-D tentang Partisipasi Aksi Muda Jaga Iklim.

blank
“Ini wujud semangat Pramuli Kwarran Mlonggo untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Tyas Titik.
Menurutnya, pantai yang terletak kurang lebih 3 kilometer ke arah barat dari pusat pemerintahan Desa Jambu ini sudah lama menjadi tujuan masyarakat sekitar sebagai tempat rekreasi. Selain keindahan alam, Pantai Selayar juga menyajikan kesuburan tumbuhan di sekitarnya sehingga menyejukkan.
Pelaksana Harian (Plh.) Petinggi Jambu Lutfi Naufal menerangkan, pernah ada penelitian terhadap jenis flora di sepanjang Pantai Selayar. Hasil penelitian yang dilakukan tahun 2018 menyatakan, klasifikasi flora di Pantai Selayar paling lengkap dibandingkan pantai-pantai lain di wilayah Jepara
Namun karena letak geografisnya agak menjorok ke daratan, Pantai ini seolah menjadi tempat sampah bagi pantai-pantai di sekitarnya. Sampah organik maupun non-organik bertebaran di sepanjang garis pantai ini.
“Inilah yang mendorong Pramuli Mlonggo tergerak untuk melaksanakan kegiatan bersih pantai. Apalagi ada instruksi dari Kwarcab Jepara untuk mengadakan bakti sosial secara serentak pada tanggal 29 Oktober,” tambah Tyas Titik.
Sehari sebelum kegiatan ini, Camat Mlonggo Sulistiyo mengukuhkan dan melantik pengurus Pramuli.

blank
“Adik-adik anggota Pramuli seharusnya bangga menjadi anggota organisasi mulia ini. Tidak setiap remaja dapat tergabung di sini. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu upaya membentuk karakter Anda menyiapkan diri mengahadapi masa depan,” pesan Camat Mlonggo
Dalam susunan pengurus Pramuli Kwarran Mlonggo tahun ini, Ahmad Mulhadi menjadi ketua 1, Fatkhur ketua 2, Sekretaris Indriatik, dan bendahara Isrofiyati.
Tys – Hadepe