blank
Teks Sumpah Pemuda diucapkan oleh Ali Masrur, Kepala SD N 1 Bringin diikuti oleh semua peserta upacara. ( Foto: Susi Ermawati)

JEPARA (SUARABARU.ID) – SD Negeri 1 Bringin melakukan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat ( 28/10-2022). Kegiatan dilakukan di halaman sekolah dan diikuti semua dewan guru dan siswa-siswi sekolah tersebut.

Petugas upacara adalah siswa-siswi dari kelas 4. Pelaksanaan upacara berlangsung hikmat. Teks Sumpah Pemuda  diucapkan oleh Ali Masrur,  Kepala SD N 1 Bringin diikuti oleh semua peserta upacara.

Plt Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Bringin menyampaikan bahwa pada hari Sumpah Pemuda tersebut  pemuda Indonesia mengadakan konggres  pada saat negara Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan masyarakat Indonesia masih dipecah belah. “Melihat hal tersebut para pemuda timbul semangat dari hati untuk bersatu padu membela Negara Indonesia,” ujarnya.

Pemuda dari berbagai daerah melakukan kongres pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Dan pada tanggal 28 Oktober para pemuda menyatakan dan mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda yakni “bertumpah darah satu, tanah air Indonesia; berbagsa satu bangsa Indonesia; dan berbahasa persatuan bahasa Indonesia”

Menurut Ali Masrur, semua anak-anak adalah bersaudara dan semua adalah teman. “Jika kita semua memiliki tali persaudaraan, akhirnya kita kuat dalan kedisiplinan,  persatuan dan dalam prestasi. Bisa membawa nama baik sekolah, membawa nama baik guru dan membawa nama baik orang tua,” tuturnya mengingatkan.

“Inti dari peringatan Sumpah Pemuda hari ini adalah semangat persatuan dan kesatuan serta menghindari perpecahan diantara sesame,” ujarnya

Hadepe – Susi Ermawati Guru SDN 1 Bringin