Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar drama teatrikal perjuangan. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar drama teatrical perjuangan yang diperagakan oleh narapidana, Jumat (28/10/2022).

Gelaran drama teatrikal perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan ini diharapkan bisa meningkatkan jiwa patriotisme bagi narapidana. Selain aksi panggung drama ini, juga digelar pembacaan puisi serta upacara bendera.

Penghayatan peran untuk pagelaran yang dibawakan napi mampu menghadirkan nuansa perjuangan di jaman penjajahan dulu. “Terus terang kami cukup terkesima dengan sejumlah aksi yang ditampilkan napi, walau persiapan mereka cuma sehari,” ujar Kalapas Semarang, Tri Saptono.

Kalapas berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat hidup baru yang lebih baik bagi narapidana, sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat sekitar.

“Menghormati jasa pahlawan bukanlah sekedar mengenang masa lalu, tetapi juga wujud rasa terima kasih kepada para pahlawan yang menjadi teladan bagi kita sekarang ini,” lanjut Kalapas.

“Ini menjadi salah satu cara untuk memberikan jiwa nasionalisme, patriotisme serta kesadaran dan kepedulian akan orang lain,” ungkapnya.

Para napi juga terlibat dalam pembacaan pesan-pesan moral dari pengorbanan para pejuang.

“Kolaborasi antar napi dikemas dalam berbagai bentuk pentas seni bersama mahasiswa magang,” tambahnya.

Menurut Kalapas, peringatan Hari Sumpah Pemuda ini tidak hanya seremonial belaka, namun juga semangat narapidana dalam menjalani pidana di Lapas dengan berbagai kegiatan positif.

Ning Suparningsih