Pemangkasan dahan pohon yang dekat dengan jaringan listrik oleh Destana Damarwulan (Foto: Eko)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Ada cara kreatif yang dilakukan oleh relawan Desa Tangguh Bencana  (Destana)  Damarwulan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2022. Puluhan anggota organisasi kemanusaiaan ini telah melakukan kegiatan pemangkasan ranting-ranting  pohon yang berdekatan dengan kabel listrik PLN.

Hal tersebut disampaikan Ketua Destana Damarwulan Eko Santoso ST kepada SUARABARU.ID Jumat (28/10-2022) sore. Lokasi yang kami kerjakan diwilayah RW 04 dukuh Mentaos medono dan Gili kebon, tambahnya.

Pemangkasan dahan yang dekat jaringan listrik, cara Desatana Damarwulan peringati Sumpah Pemuda (Foto: Eko)

Tujuan pemangkasan dahan ini menurut Eko Santoso agar jalur listrik wilayah desa Damarwulan khusus mulai dukuh Ngetuk, Mentaos, Medono tetap menyala saat musim penghujan nanti. “Listrik saat musim penghujan sering kali mati  dikarenakan dahan dan ranting-ranting  yang berdekatan dengan kabel PLN menyebabkan terjadinya konsleting,” ungkap Eko.

Destana Damarwuan peringati Sumpah Pemuda. (Foto: Eko)

Disamping tu kami juga ingin melindungi warga. “Sebab jika musim penghujan tiba, bisa saja kemudian aliran listrik mengalir melalui pohon yang dahannya menempel pada jaringan listrik. Ini sangat membahayakan keselamatan warga,” ujar Eko Santoso.

Disamping itu sejumlah relawan juaga menerusklan pencarian mbah Ngarji yang hilang sejak 10 hari. Pencarian Mbah Ngarji difokuskan di jurang-jurang  dukuh Mentaos yang belum pernah disisir, tambah Eko Santoso. Namun pencarian ini belum membuahkan hasil.

Hadepe