blank
Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro dalam peresmian Program Sumur Bor di Pesantren Tahfidz Nurul Qur'an. Foto: Dok/IZI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah meresmikan program sumur bor di Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an Dusun Gendurit, Desa Kawengen, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Sebelum ada sumur bor ini, para santri di Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an sering mengambil air untuk minum dan mandi di sendang yang jaraknya sekitar 1 kilometer, dimana mereka harus menuruni bukit.

Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah, Djoko Adhi Saputro menyampaikan, program ini merupakan bantuan sosial masyarakat.

“Atas amanah donatur, kami meresmikan sumur bor ini untuk santri Tahfidz Nurul Qur’an supaya memudahkan santri dalam belajar. Mohon doanya agar diberi keberkahan bagi donatur dan semua yang terlibat,” jelas Djoko, Jumat (28/10/2022).

Kepala Pesantren Tahfidz Nurul Qur’an, Kyai Muhammad Abdul Faqih mengatakan, sumur bor ini sangat bermanfaat bagi para santri. “Terimakasih donatur, IZI, telah memudahkan santri dalam menghafal Al Qur’an,” tuturnya.

“Sebelumnya santri sering mengambil air yang jaraknya cukup jauh. Saya berdoa kepada Allah SWT, agar bisa memudahkan santri mengambil air, dan Alhamdulillah diberikan dengan perantara IZI,” sambung Kyai Faqih.

Sementara itu Camat Ungaran Timur, Hadi Riyanto atas nama pemerintah memberikan apresiasi diresmikannya program sumur bor.

“Terimakasih atas support diwilayah kami, semoga memberikan manfaat untuk pesantren dan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ning Suparningsih