Pemerintah Desa Bandongan
Pemerintah Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang menggelar pameran lukisan di aula kantor desa setempat. Pameran tersebut bertujuan untuk menampung karya-karya para pelukis di Bandongan dan diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Pemerintah Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang mempunyai cara tersendiri untuk mewadahi para seniman utamanya seni rupa yang ada di wilayah Kecamatan Bandongan. Yakni, dengan menggelar pameran lukisan di Aula Kantor Desa Bandongan.

“Pameran lukisan bertajuk “Sang Aji Bandongan Berkarya” tersebut digelar mulai 26 Oktober hingga 2 November mendatang ini diikuti oleh sedikitnya 13 perupa yang berasal dari wilayah Kecamatan Bandongan,” kata Kepala Desa Bandongan, Sujono, Rabu ( 26 /10/2022).

Sujono mengatakan, dari 13 perupa tersebut menampilkan sedikitnya 26 lukisan. Selain itu, juga dipamerkan batik khas Bandongan serta sejumlah topeng kayu dari pembuat topeng dari wilayah Kecamatan Bandongan.

Menurutnya, pameran lukisan ini digelar untuk mewadahi para seniman utamanya seni rupa yang ada di wilayah Kecamatan Bandongan. Karena di wilayah Bandongan  tersebut  banyak warga yang mempunyai  potensi di bidang seni.

Ia menambahkan,  pameran lukisan yang digagas Pemerintah Desa Bandongan tersebut merupakan embrio untuk memberikan ‘’warna” di wilayah Bandongan, di tengah sebagian besar warga di Kecamatan Bandongan bermata pencaharian sebagai petani.

Selain itu, pameran tersebut juga untuk menampung karya-karya para pelukis di Bandongan, dan diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya.

Ia berharap pameran lukisan yang pertama kali dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Bandongan tersebut, bisa menjadi kegiatan rutin tahuan.

“Kami berharap, kegiatan seni seperti pameran lukisan ini bisa menjadi even rutin yang digelar setiap tahun. Dan, pameran lukisan ini merupakan penyangga dari program dari Bandongan Desa Seni di tahun 2023 mendatang,” imbuhnya.

Para pelukis asal Bandongan mengapresiasi kegiatan  pameran lukisan yang pertama kali digelar oleh  Pemerintah Desa Bandongan.

Rochman, salah satu pelukis asal Bandongan, Kabupaten Magelang mengatakan, dengan adanya kegiatan pameran lukisan seperti yang digagas Pemerintah Desa Bandongan tersebut, menunjukkan di wilayah Bandongan mempunyai potensi seni yang cukup tinggi.

“ Dengan adanya pameran lukisan yang digagas Pemerintah Desa Bandongan seperti ini, menunjukkan bahwa banyak potensi seni dari warga Bandongan,” kata Rochman.

Ia menambahkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan juga wilayah Kecamatan Bandongan mempunyai ciri khas tersendiri, utamanya melalui bidang seni.

Menurutnya, sebenarnya di wilayah Bandongan sendiri potensi dari masyarakat cukup tinggi.  Tetapi, belum punya ‘teman ‘’ sesama pelukis dan juga belum mempunyai tempat untuk memamerkan  karyanya.

“Dengan adanya  pameran seperti ini, mungkin teman-teman lainnya akan bangkit dan merasa mempunyai  banyak teman,” katanya.W. Cahyono.