blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko, saat dialog interaktif, di LPPL Kartini FM, pada Selasa (Foto: Kmf)

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Pelaksanaan Pemilihan petinggi (Pilpet) di 24 desa di Kabupaten Jepara  siap digelar di 24 desa secara serentak 14 November 2022.

Hal ini disampaikan Sekda Jepara Edy Sujatmiko, saat dialog interaktif, di LPPL Kartini FM, pada Selasa (25/10/2022). Dalam dialog kali ini juga menghadirkan Kabid Bina Pemerintah Desa Dinsospermades Muh Taufiq, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, dan Kabid Komunikasi Diskominfo Muslichan.

Dengan mengangkat tema “Pilpet Damai dan Berintegritas”, Edy Sujatmiko  berpesan tiga hal, pertama, kepada masyarakat untuk bisa memilih petinggi sesuai dengan hati nurani masing-masing. Pilih pemimpin yang mempunyai karakter, dan kredibel. “Jangan memilih berdasar janji-janji, money politik (politik uang), atau dorprise (hadiah). Pilihlah yang baik,” kata dia.

blank
Sekda Jepara Edy Sujatmiko, saat dialog interaktif, di LPPL Kartini FM, pada Selasa (25/10/2022). Dalam dialog kali ini juga menghadirkan Kabid Bina Pemerintah Desa Dinsospermades Muh Taufiq, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, dan Kabid Komunikasi Diskominfo Muslichan (Foto: Kmf)

Kedua, kepada masing-masing calon untuk menjaga kondusivitas wilayah. Jangan sampai mereka membuat profokasi masyarakat dan menjelek jelekan calon lainnya.

Ketiga, kepada seluruh aparatur pemerintah, panitia di tingkat desa, pangawas, perangkat desa, pemantau, harus menjaga netralitas. “Siapapaun calonnya,  harus tetap menjaga netral,” tegas Edy Sujatmiko

Menurut Edy Sujatmiko  Pemkab dengan Forkopinda telah mengawal serta memberi tahapan petunjuk teknis dan  pelaksanaan dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten. Mulai persiapan, pembentukan panitia pemilihan, pengawasan, hingga tim pemantau sudah dilakukan.

“Pada intinya Pemkab sudah siap laksanakan Pilpet serentak di tanggal 14 November mendatang. Harapannya pesta demokrasi ini berjalan baik dan lancar,” ungkap Edy Sujatmiko.

“Seluruh tahapan sudah dibuat. Juklak dan juknis diminta dipatuhi. Jka ada permsalahan segera laporkan dan tangani secara serius.

Kabid Bina Pemerintah Desa Dinsospermades Muh Taufiq mengatakan, kesiapan tim pelaksana saat ini sudah mencapai 80 persen. Saat ini masuk pada tahap pengadaan surat suara oleh masing-masing panitia pemilihan.

“Kampanye akan dilaksanakan 10 hingga 12 November. Kemudian dilanjut masa tenang pada 13 November 2022, sebelum proses pemungutan suara,” kata dia.

24 Desa yang melaksanakan Pilpet yaitu, Kecamatan Keling (Bumiharjo), Bangsri (Wedelan), Pakis Aji (Tanjung), Mlonggo (Jambu dan Sinanggul), Batealit (Bringin dan Pekalongan), Tahunan (Krapyak), Kedung (Dongos, Sukosono, dan Rau), Welahan  (Gidangelo, Gowosobokerto, Kalipucang Wetan, dan Kalipucang Kulon), Mayong (Mayong Lor dan Pelemkerep), Karimunjawa (Karimunjawa, Kemujan, dan Parang). Sedang Kalinyamatan adalah Margoyoso, Bandungrejo, Sendang dan Purwogondo.

Hadepe – kmf