blank
Lapas Semarang menggelar Khotmil Alquran 30 juz serta Maulid Berjanji dalam kegiatan memperingati HSN 2022. Foto: Dok/Lapas Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggelar peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022 pada Senin (24/10/2022).

Peringatan Hari Santri Nasional bertema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ dipimpin Kepala Lapas Semarang, Tri Saptono Sambudji yang diikuti seluruh pegawai dan para santri Pondok Pesantren At-Taubah Lapas Semarang, serta mahasiswa magang.

Menurut Tri Saptono, kegiatan peringatan Hari Santri Nasional akan rutin dilaksanakan. Momentum ini menjadi sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan narapidana, agar bisa tenang menjalani pembinaan di Lapas.

“Kegiatan ini dilaksanakan agar para santri dapat meneladani semangat jihad para tokoh pahlawan, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara,” jelas Tri Saptono.

Melalui momen peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 ini, Kalapas mengajak bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kyai, santri yang telah syahid di medan perang, demi memperjuangkan kemaslahatan umatnya.

“Kita doakan agar arwah para pahlawan bangsa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Aamiin,” ungkapnya.

Doni, salah satu narapidana mengaku senang bisa ikut memperingati Hari Santri Nasional. “Dengan kegiatan ini saya bisa menerapkan rasa disiplin beragama dan bernegara,” ungkap terpidana narkoba 5 tahun tersebut.

Pada kesempatan itu Lapas Semarang juga menggelar Khotmil Qur’an 30 juz serta Maulid Berjanji yang diikuti oleh perwakilan narapidana, dengan tujuan lebih meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi, serta perilaku yang sesuai dengan syariat Islam.

Ning Suparningsih