blank

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Pilihan Petinggi (Pilpet) Serentak tahun 2022 akan digelar tanggal 14 November  di 24 desa di Kabupaten Jepara. Sekda Edy Sujatmiko berharap pemilihan petinggi ini bisa melahirkan pemimpin yang berkarakter dan  dapat dipercaya.

Menurut Kabid Bina Pemerintah Desa Dinsospermades  Muh Taufiq,  24 desa yang melaksanakan Pilpet yaitu, Kecamatan Keling (Bumiharjo), Bangsri (Wedelan), Pakis Aji (Tanjung), Mlonggo (Jambu dan Sinanggul), Batealit (Bringin dan Pekalongan).

Sedangkan di Kecamatan  Tahunan (Krapyak), Kedung (Dongos, Sukosono, dan Rau), Welahan (Gidangelo, Gowosobokerto, Kalipucang Wetan, dan Kalipucang Kulon), Mayong (Mayong Lor dan Pelemkerep), Karimunjawa (Karimunjawa, Kemujan, dan Parang). Untuk Desa di Kecamatan Kalinyamatan adalah desa  Sendang, Purwogondo, Bandungrejo, dan Margoyoso.

blank

Setidaknya ada 63 orang yang telah lolos dan terdaftar sebagai bakal calon petinggi yang akan mengikuti Pilpet tersebut. Dari data ini tercatat, 3 pilihan petinggi calonnya adalah pasangan suami istri, yaitu desa incumbent Desa  Parang, desa Kalipucang Kulon dan incumbent desa Bandungrejo.

Sedangkan di Desa Krapyak lawan incumbent  dalam pilpet adalah anaknya sendiri. Sementara di desa Guwo Sobokerto  pilpet diikuti oleh  incumbent dengan keponakannya.

blank

Untuk pilpet di 24 desa kali ini terdapat 4 mantan petinggi yang ikut dalam kontestasi demokrasi di desa yaitu desa Pekalongan, Margoyoso, Dongos, dan Pelemkerep.

Sedangkan incumbent (calon  yang baru saja selesai masa jabatannya), yang ikut dalam Pilpet adalah Wedelan, Pekalongan, Sendang,  Bandungrejo,  Margoyoso,  Karimunjawa, Kemujan, Parang,  Sukosono, Bumiharjo, Mayong Lor,   Jambu, Tanjung, Krapyak,  Kalipucang Kulon,  Kalipucang Wetan,  dan Guwo Sobokerto.

Hadepe