blank
Tim SAR gabungan tengah mengevakuasi seorang crew Kapal Pesiar Canival Liminosa, Rojas Mesa yang mengalami sakit. Foto: Dok/SAR

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Seorang crew Kapal Pesiar Canival Liminosa yang mengalami sakit pada perut berhasil dievakuasi tim SAR gabungan.

Rojas Mesa (40) yang saat itu butuh medical evakusi (medevac) sekitar pukul 07.10 WIB berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, Sabtu (22/10/2022).

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menjelaskan, Kapal Pesiar Carnival Luminosa tersebut berasal dari Singapura akan menuju Austarlia.

“Pada Jum’at (21/10) pukul 18.50 WIB kapal melintas di 75 Nautical mile (Nm) utara perairan Rembang. Satu crew kapal mengalami nyeri perut bagian kanan dan membutuhkan pertolongan (penanganan medis),” kata Heru.

Setelah dilakukan komunikasi dengan Kapten Kapal Carnival Luminosa (Captain Binnachi) pada Sabtu (22/10) pukul 03.30 WIB sepakat dilakukan penjemputan di 10 NM dari utara perairan Semarang koordinat intercept 06°46’00″S 110°23’00″E (10 Nautical mile utara perairan Semarang).

“Rojas Mesa diduga kelelahan mengalami nyeri perut tidak bisa ditahan, dan butuh evakusi medis,” ungkapnya.

Dengan informasi tersebut Kepala Kantor SAR Semarang memeritahkan Kapten Kapal Negara (KN Sadewa 231) Harpodo untuk melaksanakan medevac disertai alut evakusi.

“Setelah upaya yang dilakukan tim SAR gabungan, korban bisa dievakuasi dalam kondisi selamat. Selanjutnya korban dibawa ke SMC RS Telogorejo Kota Semarang untuk penanganan medis lebih lanjut,” terang Heru.

Ning Suparningsih