blank
Mobil sedang melintas di jalan yang tergenang banjir.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Hujan deras yang mengguyur wilayah Kendal dan sekitarnya sejak Kamis sore hingga malam, mengakibatkan sungai Kendal meluap.

Sedikitnya, sembilan Kelurahan yang ada di Kecamatan Kendal terendam banjir akibat luapan sungai tersebut.

Menurut salah seorang warga Kelurahan Kebondalem, Sunoto(45), air mulai menggenangi permukiman warga sekitar pukul 19.30 WIB.

“Ketinggian air rara- rata 10 hingga 30 sentimeter,” kata Sunoto, Sabtu(22/10/2022).

Sunoto mengaku, meluapnya Sungai Kendal yang melintang di tengah Kota Kendal ini, diduga akibat pendangkalan sungai yang beberapa tahun terakhir tidak dilakukan normalisasi.

“Pendangkalan sungai sangat parah mas. Lebar sungai sekitar 20 meter, sekarang tinggal lima hingga 10 meter. Karena dipenuhi dengan tumpukan lumpur padat,”ujar Sunoto

Sunoto meminta, pihak terkait dan pemerintah Kabupaten Kendal segera melakukan normalisasi sungai Kendal ini, jika ingin sejumlah kelurahan yang ada di Kecamatan Kendal tidak kebanjiran.

“Harusnya, pihak terkait bisa rutin satu tahun melakukan normalisasi, karena sembilan Kelurahan ini, selalu menjadi langganan banjir jika musim hujan,”ucap Sunoto.

Sunoto mengatakan, sembilan kelurahan yang menjadi langganan banjir ini, yakni, Kelurahan Trompo, Sijeruk, Kebondalem, Kalibuntu Wetan, Langenharjo, Pegulon, Pekauman, Ngilir dan Bandengan. Sapawi