blank
Upacara peringatan HCTPS se dunia Tahun 2022, digelar di halan SD Negeri 1 Sukomangu, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Setiap Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) se dunia. Ini bukan karena Covid-19, tapi sebagai bentuk kampanye global yang didedikasikan sebagai faktor kunci dalam pencegahan penyakit.

HCTPS diprakarsai oleh Kemitraan Cuci Tangan Global, yakni Global Handwashing Partnership (GHP) pada Tahun 2008 di Pekan Air Dunia (Annual World Water Week) di Stockholm, Swedia. Peringatan HCTPS se dunia dilakukan Tanggal 15 Oktober 2008, melalui penetapan sidang umum PBB.

Dari hasil penelitian, kebiasaan cuci tangan pakai sabun (CTPS), disebutkan penyakit saluran pernafasan dan usus diklaim bisa berkurang 25-50 persen.

Berkiatan dengan itu, Babinsa Koramil-19/Purwantoro Kodim 0728 Wonogiri, Serma Soendro, ikut menghadiri acara peringatan HCTPS se dunia yang digelar di SD Negeri 1 Sukomangu, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Hadir dalam upacara peringatan tersebut, Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, Bripka Nurhadi dari Polsek Purwantoro, Korwil Pendidikan, Hartono. Juga hadir Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas-2, Kepala SD 1 Sukomangu serta Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Purwantoro pimpinan Ny Khamid Wijaya.

Camat Khamid Wijaya, menyatakan, dengan peringatan HCTPS diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan pemahaman terhadap pentingnya kesehatan dan upaya pencegahan penyakit demi menghindarkan ancaman kematian.

CTPS itu mudah dilakukan dan perlu dimasyarakatkan, sebagai cara yang efektif dan efisien, dalam upaya menghindarkan diri dari ancaman sakit.

Serma Soendro, menambahkan, terlebih saat ini masih masa pandemi, anjuran mencuci tangan masih diperlukan untuk memenuhi protokol kesehatan (Prokes).

Bambang Pur