blank
FOTO BERSAMA - Bupati Tegal Umi Azizah berfoto bersama para pemenang FFT 2022. (foto: diskominfo)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Film berjudul ‘Madah’ produksi Sineas Pemalang memenangkan Festival Film Tegal 2022 sebagai Film Terpilih Kategori Umum. Sedangkan untuk kategori Film Animasi Terpilih, pemenangnya adalah film ‘Peduli’, produksi RUS Animation Kudus.

Selain dua kategori tersebut, panitia juga mengumumkan pemenang untuk 9 kategori lainnya. Penyelenggaraan Festival Film Tegal (FFT) 2022 sendiri secara resmi ditutup oleh Bupati Tegal Umi Azizah dengan acara Malam Penganugerahan Pengumuman Pemenang di Gedung Dadali, Pemkab Tegal, Jumat (14 Oktober 2022) malam.

Melalui penyelenggaraan FFT, Bupati Tegal Umi, terus mendukung berbagai upaya pembinaan perfilman dengan mewadahi komunitas, memberikan ruang kreatif bagi tumbuh kembangnya perfilman khususnya di Kabupaten Tegal, seperti mengarahkan publikasi program ataupun informasi layanan publik di organisasi perangkat daerah lewat tayangan film pendek, menyelenggarakan lokakarya film hingga perlombaan atau bahkan festival film seperti malam ini.

blank
PEMENANG – Bupati Tegal Umi Azizah menyerahkan hadiah kepada pemenang. (foto: diskominfo)

“Soal menang atau kalah, dapat atau tidak dapat nominasi bukan menjadi soal. Karena yang terpenting di sini adalah membangun dan menjaga semangat menciptakan lebih banyak karya, spirit untuk terus belajar menyempurnakan karyanya,” kata Umi.

Tak lupa, dia mengapresiasi jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tegal dan event organizer yang telah mengemas FFT 2021 ini secara apik sampai dengan acara puncaknya malam penganugerahan, sehingga semua bisa berjalan lancar, menarik dan mendapat animo yang sangat baik dari masyarakat khususnya pelaku seni perfilman untuk menelurkan karya-karya terbaiknya.

Sementarai itu, Plh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal, Yudi Kadarwati menyampaikan, kegiatan FFT 2022 yang dimulai 31 Juli sampai 14 Oktober 2022 cukup mendapat respons yang baik dari pelaku seni perfilman di Kabupaten Tegal bahkan peserta terjauh berasal dari Kota Kudus.

Tercatat ada 11 nominasi yang diperebutkan pada ajang FFT 2021 dengan penghargaan yang diterima berupa; Piala, Piagam, Uang Pembinaan, dan hadiah Tabungan dari PT BPR BKK Jateng Persero Cabang Kabupaten Tegal.

Terkait proses penjurian, disampaikan oleh MC bahwa semua film pendek yang masuk diseleksi langsung oleh dewan juri profesional seperti Achmad Romie, sutradara asal Tegal yang sudah memproduksi beberapa film bioskop dan pernah menyutradarai sitcom The East Season 2 yang tayang di Net.TV. Kemudian Kelvin Nugroho, Editor Film Profesional asal Tegal yang meraih Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2017 dan editor terbaik di tahun 2018, serta Adityo Baharmoko, Animator yang merupakan founder studio animasi Ark Animasi Tegal dan saat ini aktif menjadi Asesor Animasi untuk menguji di berbagai event uji kompetensi profesi.

Penerima Anugerah Penghargaan FFT 2022:
1. Poster Terpilih : Madah, produksi Sineas Pemalang
2. Film Animasi Terpilih : Peduli, produksi RUS Animation Kudus
3. Ide Cerita Terpilih Kategori Umum : Sumirah, produksi Desa Sinema Kepunduhan
4. Ide Cerita Terpilih Kategori Pelajar : Piwulang, produksi MAN 1 Tegal
5. Aktor Terpilih Kategori Umum : Tarto Slamet – Madah, produksi Sineas Pemalang
6. Aktor Terpilih Kategori Pelajar : Moh. Farkhan Fauzan – Piwulang, produksi MAN 1 Tegal
7. Sutradara Terpilih Kategori Umum : Marjo Klengkam Sulam – Sumirah, produksi Desa Sinema Kepunduhan
8. Sutradara Terpilih Kategori Pelajar : Fazri Amar Saputra – Piwulang, produksi MAN 1 Tegal
9. Film Terpilih Kategori Umum : Madah, produksi Sineas Pemalang
10. Film Terpilih Kategori Pelajar : Piwulang, produksi MAN 1 Tegal
11. Film Favorit : Garis Akhir, produksi MAN 1 Tegal

Nur Muktiadi