blank
Suhartono (pakai masker), Owner UD Putri Laut saat mengikuti bazar di sebuah acara di Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bandeng presto merupakan salah satu jenis oleh-oleh khas Kota Semarang.

Jangan heran jika anda akan menjumpai banyak olahan bandeng di sentra atau pusat oleh-oleh Kota Semarang. Seperti di Jalan Pandanaran misalnya, disana banyak toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai macam makanan khas Kota Semarang.

Namun ada juga pusat oleh-oleh yang berada di Jalan Raya Purwosari RT. 6/3 Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, yakni UD Putri Laut.

Disana anda akan menjumpai outlet olahan barbagai macam ikan, yang sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh.

Suhartono, selaku Owner UD Putri Laut mengatakan, pihaknya menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Semarang dari mulai olahan bandeng hingga ikan lain dengan harga cukup murah dan ditanggung sehat.

“Ada bandeng presto, otak-otak bandeng, bandeng crispy serta pepes. Selain itu ada juga olahan crispy hasil laut, seperti udang crispy, wader crispy, kepiting crispy dan lainnya,” kata Suhartono kepada Suarabaru.id, Sabtu (15/10/2022).

Sejak tahun 2002, Suhartono mengaku tertarik mendirikan usaha olahan bandeng karena ingin mengajak masyarakat sekitar untuk membuat atau memproduksi ikan dan memasarkannya bersama-sama.

Ia ingin mengembangkan ekonomi kerakyatan. Pasalnya, di lingkungan tersebut masih banyak kalangan ekonomi menengah ke bawah. Jika mencari pekerjaan di luar masih sulit.

“Untuk itu kita ingin menumbuhkan perekonomian warga sekitar. Selain itu kita ingin memberikan masyarakat makanan yang sehat dan bergizi dengan olahan dari ikan,” terangnya.

Selain outlet, pihaknya juga mempunyai program wisata edukasi, untuk mengajarkan anak-anak TK, agar mereka mengenal menfaat ikan dan cara mengolahnya.

Sebelum pandemi Covid-19 Suhartono memiliki 10 pekerja. Namun sejak adanya pandemi Covid-19 hingga sekarang masih mampu mempekerjakan 6 orang.

Dia berharap kondisi perekonomian bisa semakin membaik agar usahanya bisa maju bersama warga sekitar. Ia juga berharap kepada pemerintah bisa membantu UMKM setempat agar lebih maju.

Menurutnya, sejak menjadi mitra binaan dari PT. Indonesia Power Semarang PGU, pihaknya telah terbantu dalam hal pengembangan usaha seperti perijinan (SNI) dan juga panci presto untuk pengembangan usaha bandeng.

UD Putri Laut ini mematok harga sangat terjangkau. Anda penasaran? Silahkan kunjungi outlet UD Putri Laut di Jalan Raya Purwosari RT. 6/3 Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Atau bisa hubungi WA di 082133336738.

Ning Suparningsih