blank
Kabid Kebudayaan Dikbud Kabupaten Wonogiri, Eko Sunarsono (tengah) foto bersama dengan para peraih juara lomba dalang tingkat Kabupaten Wonogiri.(Dok.Dikbud Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Azis Japa Wicaksana (siswa SMP Negeri 1 Eromoko, Wonogiri) dan Dhanur Probo Kusuma (Sanggar Loka Probo Laras Ngadirojo, Wonogiri), meraih gelar juara pertama lomba dalang remaja dan lomba dalang cilik tingkat Kabupaten Wonogiri Tahun 2022.

Sebagaimana pernah diberitakan, lomba dalang remaja (13-18 tahun) dan lomba dalang cilik (di bawah 13 tahun), digelar di Museum Wayang Indonesia (MWI) Padepokan Pak Bei Tani Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri.

Kepala Dinas Pendidikan kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri melalui Kabid Kebudayaan Eko Sunarsono SSn, Kamis (13/1), mengatakan, lomba digelar 3 hari mulai Tanggal 11 sampai dengan 12 Oktober 2022 lalu. Lomba ini, memperebutkan tropi tetap dan uang pembinaan untuk Juara 1, 2 dan 3 masing-masing Rp 5 juta, Rp 4 juta dan 3 juta. Untuk juara harapan 1, 2 dan 3 masing-masing Rp 2 juta.

Lomba dalang cilik dan dalang remaja ini, bertujuan untuk melestarikan kesenian wayang kulit, agar tetap eksis dan tidak punah dilibas oleh kemajuan zaman.

Terlebih lagi, wayang kulit telah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Lembaga Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut, mengukuhkan wayang kulit sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi dan warisan budaya yang indah dan berharga. Pengukuhan oleh UNESCO berlangsung pada Tanggal 7 November 2003.

Tim Juri

Juara I, II dan III lomba dalang remaja, adalah Aziz Japa Wicaksana (SMP Negeri 1 Eromoko), Fauzi Ramadhani (SMP Negeri 3 Sidoharjo), Egi Cahyo Widhi Asmoro (Sanggar Panji Wulung Wonogiri). Masing-masing meraih nilai 773, 721 dan 718).

Juara Harapan I, II dan III dimenangi oleh Aulia Fathurahman (Sanggar Loka Probo Laras Ngadirojo), Surya Arya Bima (Sanggar Pasopati Girimarto) dan Sahrul Oktavian Ramadhani (Sanggar Panji Wulung Wonogiri. Nilai perolehannya masing-masing 703, 687 dan 662.

Untuk Juara I lomba dalang cilik, dimenangi oleh Danur Probo Kusumo (Sanggar Loka Probo Laras Ngadirojo) dengan perolehan nilai 770. Juara II Anjali Bintang Kusuma (Sanggar Pakuwon Laras Pracimantoro) deng nilai 767. Juara III Respati Listyatmoko (SD Negeri 1 Tawangharjo Giriwoyo) dengan nilai 750.

Juara Harapan I, II dan III masing-masing diraih oleh Rakai Sangha Parana dari Sanggar Nareswara Wonogiri dengan nilai 715, Bisama Gibran Alkhalifi dari Sanggar Aji Laras Giriwoyo dengan nilai 665 dan Raras Nareswara Krishna dari SD Negeri 2 Genukharjo Wuryantoro dengan nilai 621.

Tampil menjadi Tim Juri untuk lomba dalang cilik terdiri atas Ki Puthut Wijanarko (Sragen), Ki Anom Dwijokangko (Karanganyar) dan Ki Mohammad Pamungkas Prasetyo (MPP) Bayu Aji (Sukoharjo). Tim Juri untuk lomba dalang remaja terdiri atas Ki Puthut Wijanarko (Sragen), Ki Sri Susilo Tengkleng (Boyolali) dan Ki MPP Bayu Aji (Sukoharjo) yang dikenal sebagai putra Dalang Kondang Ki Anom Suroto.

Bambang Pur