blank
Di Wonogiri, para personel Babinsa berperan aktif melakukan tugas pendampingan demi mendukung suksesnya pelayanan vaksinasi PMK pada sapi-sapi piaraan warga masyarakat.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk penanggulangan Penyakit Mulut Kuku (PMK), di Kabupaten Wonogiri akan dilakukan vaksinasi pada ternak sapi sebanyak 120 ribu dosis. Vaksinasi diberikan dalam dua tahap, masing-masing 60 ribu dosis.

Kepala Dinas Peternakan Perikanan Kelautan (Disnakperla) Kabupaten Wonogiri, Sutardi, mengatakan, saat ini realisasi vaksinasi telah mencapai 62 ribu dosis. Pelayanan pemberian vaksinasi dilakukan langsung ke kandang milik para peternak, yang tersebar di 294 desa/kelurahan di 24 kecamatan se Kabupaten Wonogiri.

Sebagaimana yang dilakukan di Kecamatan Eromoko misalnya, vaksinasi PMK dilakukan oleh Tim dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) pimpinan Dokter Hewan (drh) Aris Susilo dan Mantri Hewan Padi, dengan melibatkan 15 orang petugas Puskeswan dan perangkat desa. Tampil memberikan pendampingan, Babinsa Sertu Purwanto dari Koramil-12 Eromoko Kodim 0728 Wonogiri.

Bersamaan dengan pemberian vaksinasi kepada ternak sapi piaraan warga masyarakat, juga dilakukan pendataan keberadaan sapi dan pelayanan pemeriksaan kesehatannya. Tim juga memberikan penyuluhan kepada para peternak tentang pentingnya menjaga kebersihan demi mewujudkan kesehatan sapi yang dipelihara.

Personel Babinsa

Babinsa Sertu Purwanto, melaporkan, vaksinasi diberikan kepada 414 ekor sapi. Terdiri atas sapi di Dusun Tawang sebanyak 165 ekor, Dusun Petung (119 ekor) dan Dusun Waru (130 ekor).

Sementara itu, dari Kecamatan Batuwarno dilaporkan Tim Puskeswan setempat memberikan vaksin jenis Aftomune kepada ternak sapi milik warga di Kelurahan Selopuro. Ikut tampil memberikan pendampingan, Anggota Babinsa Koramil 06/Batuwarno Kodim 0728 Wonogiri Peltu Suef.

Babinsa Peltu Suef, melaporkan, di Kelurahan Selopuro, Tim Puskeswan memberikan pelayanan vaksinasi PMK sebanyak 309 ekor sapi milik warga masyarakat. Kepada peternak diseru, untuk segera melapor ke petugas manakala mendapati sapi piaraannya terindikasi gejala terserang PMK.

Danramil-06 Batuwarno, Kapten (Inf) Suraji melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengatakan, jajarannya siap memberikan pendampingan untuk menyukseskan pemberian vaksinasi PMK. Utamanya kepada para Babinsa, diinstruksikan untuk berperan aktif memberikan pendampingan di masing-masing desa binaannya.

Bambang Pur