KONFERENSI PERS - Kapolres Tegal, AKBP Rachmad Hidayat saat mengadakan konferensi pers terkait pindah lokasi konser Slank. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Lokasi konser kelompok musik papan atas Slank, Gigi dan Ghea Youbi yang sedianya Sabtu 15 Oktiber 2022 di Lapangan Yos Sudarso Jalan Melati Kota Tegal, Jawa Tengah, dengan berbagai pertimbangan akhirnya dipindahkan ke Objek Wisata Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal.

“Setelah melakukan assesmen dan melalui berbagai pertimbangan dan studi lapangan maka kegiatan Slank, Gigi dan lainnya akan dipindahkan di PAI Kota Tegal,” kata Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat saat menggelar konferensi pers di Lobi Mapolres, Senin (10/10/2022).

Keputusan pemindahan lokasi konser dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tragedi seperti di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Kapolres menyampaikan, setelah pihaknya bersama dinas terkait dan panitia penyelenggara melakukan assesmen dan melalui berbagai pertimbangan, maka pihaknya telah mangambil keputusan untuk memindahkan lokasi kegiatan di Pantai Alam Indah Kota Tegal. Sedangkan waktu pelaksanaan konser tetap akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2022 mendatang.

Menurut Kapolres, pemindahan lokasi dilakukan karena setelah melakukan kajian dan pertimbangan keamanan. Serta belajar dari tragedi yang telah terjadi di stadion Kanjuruhan Jawa Timur.

“Pasca tragedi itu, kita diminta untuk melakukan audit seluruh stadion dan keputusannya kegiatan konser musik Slank dan Gigi kita pindah ke PAI,” jelasnya.

Kapolres mengatakan untuk mengamankan jalannya konser, pihaknya akan menerjunkan sekitar 500 personel gabungan baik dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD serta dinas terkait. Nantinya, juga akan dilakukan rekayasa arus lalulintas yang menuju pintu masuk PAI.

Selain itu, lanjut Kapolres, pihaknya juga akan melakukan pemenggalan dan pemeriksaan terhadap calon pengunjung konser. Sehingga, diharapkan mereka tidak membawa benda-benda yang berbahaya.

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal, Irkar Yuswan Apendi mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi tempat penyelenggaraan. “Untuk tekhnis nanti akan koordinasikan dengan pihak keamanan sehingga selama konser bisa berjalan dengan baik. Untuk kantong parkir kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan,” ujarnya.

Sutrisno