blank
Upacara pembukaan TMMD ditandai penyerahan alat kerja dari Wakil Bupati Setyo Sukarno (kiri) kepada perwakilan prajurit TNI, Polri dan Linmas.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2022 Kodim 0728/Wonogiri, Selasa (11/10), digelar di Lapangan Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Tampil sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno. Komandan Upacara dipercayakan kepada Danramil-11 Manyaran Kapten (Arh) Hadi Santoso dan Perwira Upacara Lettu (Inf) Budiono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Kodim (Dandim) 0728/Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Kasiren Korem 074/Warastratama Mayor (Inf) Rahmayadi, Wakapolres Kompol Anggara Rustamyono, Kajari Wonogiri yang diwakili Nur Sholikin, Kakanminvetcad IV/34 Kapten (Czi) Irawan Budi, Kepala Dinas PMD Antonius Purnama Adi bersama Pimpinan OPD serta jajaran Forkopincam.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Setyo Sukarno, mengatakan, momentum pelaksanaan TMMD menjadi sarana strategis untuk makin menguatkan komitmen segenap elemen pemerintahan dan masyarakat. Yakni dalam sinergitas mengabdi untuk kepentingan bangsa negara, sebagai ikhtiar memberikan kemajuan bagi desa.

Senam Sicita

Program ini berlangsung berkelanjutan dari tahun ke tahun, pada wilayah-wilayah yang membutuhkan prioritas penanganan. Sekaligus menjadi sarana untuk merawat kebersamaan dan melestarikan semangat gotong royong, dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

Dandim melalui Pasiter Kapten (Inf) Eko Budi Santoso, mengatakan, program TMMD ini dilaksanakan di Dusun Dayakan, Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, dibeayai dana sebesar Rp 397,993 juta lebih. Berasal dari APBD Provinsi sebesar Rp165 juta, APBD Kabupaten Rp 200 juta dan swadaya masyarakat sebesar Rp 32, 993 juta lebih.

Sasaran pisik menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang 891 M, lebar 3 M dan tebal 0,12 M. Menghubungkan Dusun Dayakan, Desa Basuhan di Kecamatan Eromoko dengan Dusun Kerok, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Upacara pembukaannya dimeriahkan senam Senam Cinta Tanah Air ”Sicita” oleh ibu-ibu PKK. Para pelajar dari SMP Negeri 3 Satu Atap Eromoko, ikut menampilkan kebolehannya dalam memainkan gamelan dalam seni karawitan.

Bambang Pur