blank
Inovasi PLN UIK Tanjung Jati B peroleh penghargaan Subroto Award 2022 "(Foto: Humas PLN)

JEPARA (SUARABARU.ID)  – PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B mendapatkan penghargaan Subroto Award 2022 dalam Sub Kategori Inovasi Khusus Manajemen Energi di Industri dan Gedung dengan menciptakan inovasi berupa Penurunan Losses Energy dengan Sistem Penyaring Air Laut (SPAL) untuk Pendinginan di PLTU Tanjung Jati B.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Hari Cahyono, mengungkapkan bahwa inovasi ini menitikberatkan pada upaya peningkatan keandalan sekaligus mengurangi potensi losses energy dengan cara mempertahankan kinerja condenser.

blank
PLTU Tanjung Jati B (Foto Humas PLN)

“SPAL merupakan kombinasi dari pemasangan jaring pelindung pada area pipa intake dan proses re-engineering bucket screen, geometri seal plate pada Travelling Band Screen System di PLTU Tanjung Jati B Unit 1-2,” jelas Hari.

“Inovasi ini telah terbukti mampu memperbaiki kinerja vacuum condenser serta meningkatkan peluang produksi dan efisiensi unit secara keseluruhan. Penghematan energi selama tahun 2021 adalah sebesar 68.490 GJ setara dengan 0,35 % dari total produksi energi selama 1 tahun. “ tambahnya.

blank
PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B mendapatkan penghargaan Subroto Award 2022 dalam Sub Kategori Inovasi Khusus Manajemen Energi di Industri dan Gedung (Foto: Humas PLN)

Subroto Award 2022 diselenggarakan  oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan merupakan penghargaan tertinggi di bidang ESDM dalam mengapresiasi para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Dalam gelaran penganugerahan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Tahun 2022, pada Selasa, 5 Oktober 2022, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan yang telah berupaya melakukan efisiensi dalam pemanfaatan energi dilingkungan kerjanya masing-masing.

blank
Salah satu inovasi PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B menitikberatkan pada upaya peningkatan keandalan sekaligus mengurangi potensi losses energy (Foto: Humas PLN)

“Selamat kepada para pemenang dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi, serta terima kasih kepada panitia dan dewan juri. PSBE adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM sejak 2012 kepada para stakeholder yang memiliki prestasi luar biasa dalam bidang konservasi energi,” ujar Rida.

Dengan diperolehnya penghargaan ini PLN Tanjung Jati B kembali menahbiskan komitmen dan kontribusinya dalam memberikan pasokan energi listrik yang andal dengan tetap mengedepankan aspek efisiensi dan konservasi energi bagi lingkungan sekitarnya.

Hadepe