SEMANGAT - Ratusan peserta penuh semangat mengikuti ujian kenaikan tingkat. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 213 peserta mengikuti ujian kenaikan tingkat (Kyu) Institut Karata-Do Indonesia (Inkai) Cabang Tegal, Jawa Tengah Semester II 2022 di Lapangan Tenis indoor Sebayu Komplek Pendopo Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu (09/10/2022).

“Dari 213 anggota yang mengikuti kenaikan tingkat diantaranya, sabuk putih sebanyak 75 peserta, kuning 36, hijau 50, biru 37 dan sabuk coklat 1 peserta,” kata Ketua Inkai Cabang Tegal, M Azanu Mufid SH M Si, Senin (10/10/2022).

Mufid mengatakan, dari 213 peserta keniakan tingkat menerjunkan 20 penguji dari 30 yang ada. Ujian tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu, teknik beladiri Inkai dan meningkatkan prestasi karate dengan sertifikat resmi. Selain menjalin silaturahmi juga untuk memupuk rasa kebersamaan antar anggota yang tergabung dalam Inkai Cabang Tegal.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pembinaan satuan dalam membentuk karakter anggota Inkai yang kuat secara fisik dan mental serta memiliki jiwa kesatria. Selain itu, merupakan salah satu proses dari pembelajaran beladiri perguruan karate dalam rangka untuk mengisi dan meningkatkan kemampuan bela diri,” ujar Mufid.

Sementara Sekretaris Inkai Cabang Tegal, Sensei Mukartono menjelaskan, kenaikan tingkat juga dalam rangka menciptakan bibit-bibit karateka baru guna disiapkan untuk mengikuti kejuaraan.

Melalui ujian kenaikan sabuk ini, ia berharap dapat mengenalkan generasi muda Babel khususnya karateka Inkai Tegal. “Momentum ini juga sebagai ajang silaturahmi sesama anggota seluruh Babel,” katanya.

Dalam proses ujian kenaikan tingkat, dikatakannya ada dasar penilaian ujian yang mesti diperhatikan yakni disiplin dan menguasai materi, sehingga karateka yang memenuhi kriterialah yang akan lulus ke jenjang sabuk berikutnya.

Sutrisno