blank
Warga Kota Salatiga yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Jawa Tengah memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 melalui pameran dan perlombaan burung kicau. Foto: Dok/Des Ganjar

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Warga Kota Salatiga yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Jawa Tengah mempunyai cara unik dalam mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden 2024.

Mereka menggelar pameran dan perlombaan burung kicau di Kota Salatiga dalam menghimpun dukungan untuk Ganjar Pranowo.

Koordinator Wilayah Des Ganjar Jawa Tengah, Heri Nugroho menyampaikan, perlombaan yang digelar di Pasar Burung Banyuputih pada Sabtu (8/10/2022) kemarin dihadiri sekitar 1000 peserta.

Menurut Heri, mereka adalah pecinta burung kicau atau biasa disebut ‘kicau mania’ dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Tengah.

“Melalui kegiatan lomba burung kicau tersebut, kita ingin mengenalkan sosok Ganjar sebagai gubernur yang benar-benar dekat di hati rakyat. Kami mengajak semua elemen masyarakat, khususnya bagi para kicau mania untuk memberikan restu dan dukungannya terhadap Pak Ganjar Pranowo agar dapat mencalonkan diri sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029,” ungkap Heri, Minggu (9/10/2022).

Di sela-sela perlombaan, para relawan melakukan deklarasi dukungan terhadap Ganjar Pranowo untuk bisa memimpin Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Heri menyebut, Ganjar adalah sosok yang tepat untuk menjadi presiden, karena telah terbukti kinerjanya di Jawa Tengah. “Ganjar adalah pemimpin yang tak pernah berpaling dari warganya. Seluruh kebijakan Ganjar selalu berlandaskan pada kepentingan rakyatnya,” kata dia.

Heri mengatakan, sosok Ganjar adalah sosok yang bersahaja. Dia sangat dekat dan dicintai masyarakat Jawa Tengah. “Pak Ganjar selaku gubernur sangat cepat tanggap. Bila ada warga yang mengadu baik melalui Whatsapp, Facebook, Instagram, beliau selalu merespon dan tidak pernah menunggu lama. Apa yang menjadi keluhan masyarakat langsung ditanggapi dengan sigap dan tepat sasaran,” jelas Heri.

Heri menjelaskan, selama Ganjar memimpin, terdapat perkembangan pelayanan publik yang bertransformasi menjadi berbasis digital, guna memberikan kemudahan untuk warga Jawa Tengah.

Dia menyebut, transformasi pemerintahan diwujudkan dengan meluncurkan Sistem Informasi Desa (Sidesa), Jateng SLIM (Sistem Layanan Informasi Mobile), dan Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP). Proses perizinan pun semakin mudah dengan hadirnya Sistem Informasi Aplikasi Perizinan Jawa Tengah (SIAP Jateng).

Selain memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo, perlombaan sendiri bertujuan untuk melestarikan burung berkicau. “Ada beberapa kategori yang dilombakan. Peserta bisa memperebutkan bermacam hadiah dalam lomba ini. Total hadiah mencapai Rp 30 juta,” tandasnya.

Ning Suparningsih