blank
Platform digital bagi para pelaku usaha UMKM.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dituntut untuk mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi atau onboarding. Hal ini disampaiakan oleh Generasi Entrepeneur Profesional (Genpro) Jepara saat menggelar Sosialisasi Go Digital bagi pelaku UMKM.

Acara yang dilaksanakan di Gedung Shima, Minggu (9/10/2022) ini dihadiri Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, Pengurus Genpro, serta pelaku UMKM. Narasumber dalam acara tersebut Faqih tiktoker, Mas RH Conten Creator, dan juga Izmir Sosial Media Ekpert.

Dalam sambutannya, Edy Supriyanta mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan mendukung serta melakukan pendampingan pelaku UMKM untuk mengembangkan serta memasarkan produknya secara digital.

“Pemkab Jepara selalu mendukung dan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya,”katanya.

Lebih lanjut Edy mengatakan melalui platform perdagangan elektronik menjadi laris manis sebagai pilihan masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi dengan media online.

Edy juga menegaskan agar UMKM di Jepara lebih aktif dalam berbagai kegiatan, seperti mengikuti pameran. Selain itu, juga menggunakan bahan baku lokal.

Berdasarkan data Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopukmnakertrans) Jepara, jumlah UMKM di Jepara ada 80.966 unit. Pengembangan UMKM dapat dilakukan agar pertumbuhan perekonomian semakin meningkat.

Pertumbuhan ekonomi yang impresif ini salah satunya didorong melalui kebijakan pemulihan ekonomi nasional dan pro UMKM. Diharapkan dengan adanya Sosialisasi UMKM Go Digital akan memberikan dampak positif bagi perekonomian di Jepara.

“Dengan UMKM berpindah ke platform digital melalui mekanisme daring, maka pola kerja yang akan dilakukan berbagai usaha tersebut juga akan lebih modern serta jangkauannya juga dinilai akan lebih masif,”pungkas Edy.

ua