blank
Ketua P3CR UNS Prof Tri Atmojo Kusmayadi menyerahkan tanda terima berkas pendaftaran Calon Rektor UNS 2023-2028 kepada Prof.Reviono  di  Sekertariat Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS, Jumat (7/10). Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Jabatan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) periode 2023-2028 tampaknya diminati kalangan guru besar lembaga pendidikan tinggi setempat. Tercatat lima orang profesor telah mendaftar dalam masa pendaftaran yang dibuka 3-10 Oktober 2022.

Bahkan empat  kandidat mendatangi Sekretariat Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) UNS di Ruang Jodhipati di Lantai 2 Gedung UNS Inn dalam waktu hampir bersamaan, Jumat (7/10/2022).

Ketua P3CR UNS Prof Tri Atmojo Kusmayadi mengatakan, sejauh ini sudah ada lima pendaftar yang mendaftarkan diri. Kelimanya berasal dari internal kampus UNS.

Mereka yakni Prof Samanhudi (Dekan Fakultas Pertanian UNS), Prof Reviono (Dekan Fakultas Kedokteran UNS), Prof Hartono (Direktur RS UNS), dan Prof Kuncoro Diharjo (Wakil Rektor Riset dan Inovasi UN) serta Prof Sajidan (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS).

Sehingga sampai sejauh ini, belum ada kandidat dari luar kampus UNS yang mendaftar. Berkas yang diajukan bakal calon kesemuanya sudah komplit, meski ada bagian minor yang harus dilengkapi. Batas akhir penyerahan berkas  tanggal 11 Oktober 2022.

Selanjutnya berkas yang masuk segera diverifikasi oleh tim dan bila dinyatakan lengkap maju ke tahap panel pada 16 dan 17 Oktober. Tim Panel tidak memberikan ajusment kecuali hanya ini oke dan itu oke tetapi ada beberapa catatan  yang disampaikan ke Majelis Wali Amanat (MWA).

blank
Ketua P3CR UNS Prof Tri Atmojo Kusmayadi (Bagus Adji)

”Filosofi P3CR UNS yaitu tidak akan menggugurkan bakal calon hanya karena kekurangan berkas dan kita tak memberi tahu. Atau yang bersangkutan kita beritahu namun hingga batas waktu berakhir kelengkapannya belum diserahkan,” jelasnya.

Bersamaan

Pantauan suarabaru.id mengungkapkan, empat pendaftar yakni Prof Samanhudi, Prof Reviono , Prof Hartono  dan Prof Kuncoro Diharjo , terlihat mendatangi Sekertariat P3CR UNS secara bersamaan.

Prof Hartono salah seorang bakal calon mengatakan, semuanya berjalan lancar dan telah menerima tanda terima tinggal menunggu pemberitahuan tahap berikutnya.

“Alhamdulilah semuanya dinyatakan lengkap, terus mendapat tanda terima. Mengenai motivasi mendaftar jabatan rektor UNS periode 2023-2025 dikatakan demi kebaikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sedangkan Prof Reviono ketika ditemui mengaku ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi, di antaranya kepegawaian dan makalah. Kekurangan tersebut  dipastikan tanggal 10 Oktober 2022 diserahkan.

Mengenai motivasinya mendaftar, dikatakan ingin berperan lebih besar kepada UNS. Ketika disinggung  kekompakan saat mendaftar yang bersamasama tiga calon lain dikemukakan, bahwa pemilihab Rektor UNS merupakan pesta demokrasi yang gembira.

“Jadi direspons gembira, pas tanya mau daftar, itu bisa bareng-bareng. Berangkatnya dari suasana yang tidak tertekan,” bebernya.

Ketika keempat bakal calon selesai menyerahkan berkas dan hendak meninggalkan P3CR UNS, terlihat kedatangan Prof Sajidan (Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS) datang dan melakukan pendaftaran.

“Alhamudilah lengkap dan memang telah dipersiapkan dari aspek administrasinya,” kata Prof Sajidan sembari menambahkan dirinya berangkat dari kantor pusat UNS naik kereta listrik karena Jumat bertepatan dengan hari bebas emisi di kampus UNS.

Bagus Adji