blank
Kapolres Demak, AKBP Budi Adhy memimpin persiapan patroli dalam rangka cipta kondisi dan mengawal jalannya tahapan kampanye Pilkades serentak Demak. Foto: Dok/Polres Demak

DEMAK (SUARABARU.ID) – Polres Demak bersama Kodim 0716/Demak dan Satpol PP menggelar patroli skala besar dalam rangka cipta kondisi dan mengawal jalannya tahapan kampanye Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Demak.

Dalam pengamanan kampanye tersebut, personel gabungan mengimbau kepada massa pendukung calon agar tetap menjaga situasi Kamtibmas selama kegiatan kampanye berlangsung.

“Pengamanan ini dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kabag Operasional Polres Demak, Kompol Sonhaji, Sabtu (8/10/2022).

Dikatakan, masa tahapan kampanye akan dilakukan selama tiga hari kedepan hingga 10 Oktober 2022, yang akan diselenggarakan di 183 desa di Kabupaten Demak.

“Dalam pengamanan kampanye tersebut, petugas mengimbau kepada calon Kepala Desa dan massa pendukung calon agar tetap menjaga situasi Kamtibmas selama kegiatan kampanye berlangsung,” terang Sonhaji.

Sementara, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyebut, Polres Demak dan jajarannya didukung Polda Jateng, TNI, Satpol PP dan Linmas serta stekholder siap mensukseskan dan mengamankan Pilkades serentak gelombang I tahun 2022, dengan rencana pengamanan yang didasari perkiraan keadaan intelijen terhadap segala kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan.

“Sasaran pengamanan kami fokuskan seperti, calon dan penyelenggara Pilkades, kotak suara, surat suara, peralatan atau barang yang digunakan sebagai alat penunjang Pilkades, lokasi maupun objek vital lainnya, serta kampanye dan pertemuan-pertemuan yang ada hubungannya dengan kegiatan Pilkades,” terang Budi.

Budi mrnyampaikan, pada Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 jumlah desa yang melaksanakan Pilkades ada 183 desa di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Demak. Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan Pilkades, Polres Demak melibatkan kekuatan sebanyak 6.090 personel gabungan.

“Untuk pengamanan Pilkades, Polres Demak dibantu kekuatan Kodim 0716/Demak sebanyak 310 personel, Brimob 60 personel, Dalmas Polda Jateng 30 personel, Polres Kudus 30 personel, Polres Jepara 30 personel, Polres Grobogan 30 personel, Satpol PP 60 personel dan Linmas 5.540 personel,” pungkas dia.

Ning Suparningsih