blank
ilustrasi penggunaan handphone. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kehidupan di era teknologi seperti sekarang menuntut kita banyak menghabiskan waktu di depan layar. Kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan mata dan tentu sangat merugikan jika dibiarkan dalam jangka panjang.

Dilansi dari Suara.com, jika Anda tipe orang yang perlu menatap layar dalam waktu lama entah untuk bekerja, belajar, atau aktivitas lain, pastikan untuk menerapkan cara merawat mata berikut agar tetap sehat di depan layar.

1. Memakai kacamata antiradiasi

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum mata Anda bermasalah karena risiko menatap layar terus-menerus, biasakan diri mengenakan kacamata antiradiasi untuk menangkal radiasi blue light yang berasal dari gadget atau perangkat elektronik.

Baca Juga: 4 Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi Kesehatan, Simak yuk..

2. Nyalakan mode baca di perangkatmu

Fitur mode baca yang sering ada di gadget berfungsi untuk memancarkan cahaya yang stabil untuk mata. Jika mata Anda mulai lelah atau Anda perlu menatap layar dalam waktu lama, manfaatkan fitur ini untuk kesehatan mata Anda.

3. Rilekskan mata dengan menjauhkan barang-barang elektronik dari pandangan

Setelah bekerja seharian di depan layar, beri mata Anda kebebasan dari segala bentuk barang elektronik. Lakukan aktivitas yang tak memerlukan barang elektronik adalah rekreasi yang baik untuk kesehatan mata.

4. Tidur

Selain mengistirahatkan mata sepenuhnya, tidur juga baik untuk mengembalikan energi tubuh Anda setelah lelah beraktivitas. Biasanya setelah tidur mata akan terasa jauh lebih segar dan cerah. Sisa kelelahan di kulit sekitar mata pun tampak lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit dan Perawatannya, Simak yuk

5. Pergi ke luar dan lihatlah pemandangan

Mata butuh pemandangan segar dengan melihat yang hijau setelah berjam-jam dipaksa hanya menatap gadget. Udara segar baik untuk membuat mata tidak tegang, dan lebih tenang.

Dilansir dari halodoc.com, memandang kejauhan atau sesuatu yang luas dapat membuat mata lebih rileks.

6. Konsumsi makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan mata

Dikutip dari health.kompas.com, ternyata makanan yang baik untuk kesehatan mata tidak hanya yang berwarna merah seperti yang sering kita dengar. Ada juga ikan yang mengandung omega 3 seperti ikan teri, ikan kembung, dan ikan salmon. Ada pula ubi jalar, telur, labu, brokoli, blewah, dan air yang mencegah mata agar tidak kering.

Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat mata jika sering menghabiskan waktu lama di depan gadget. Jaga kesehatan matamu agar bisa melihat hal-hal indah di dunia ini sampai hari tuamu nanti.

Claudia