blank
Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro Wonogiri, Agus Sumarno, termasuk insan pendidik yang punya pengalaman pernah menjadi wartawan dan kreatif menulis.(Dok.Agus Sumarno)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – SMP Negeri 4 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, akan menggelar Pekan Literasi Sekolah (PLS). ”Berlangsung mulai Tanggal 24 sampai dengan 29 Oktober 2022. Ini sekaligus dalam rangka memperingati Bulan Bahasa,” kata Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro, Agus Sumarno SPd, MM, MPd.

Minat baca siswa perlu ditingkatkan melalui berbagai strategi, salah satunya dengan PLS. PLS kali ini mengambil tema ”Siswa Hebat, Generasi Literat.” Tujuannya, untuk meningkatkan minat baca siswa dan memberikan ajang guna mengembangkan potensi dan kreativitas.

Dalam event PLS, juga akan dilaksanakan lomba literasi, pameran karya siswa melalui Majalah Dinding (Mading). Kegiatan PLS meliputi gerakan baca dan pinjam buku di perpustakaan sekolah, membuat Mading di masing-masing kelas, membuat resume/ringkasan bacaan. Juga dilaksanakan lomba menulis puisi, geguritan dan cerpen.

Sekolah juga akan menggelar lomba pidato dan baca puisi. Bersamaan itu, sekolah akan memberikan pelayanan perpustakaan keliling bekerjasama dengan Kantor Arsip Daerah.

Reading Habit

Upaya menggelar PLS, dilatarbelakangi karena ada kecenderungan minat belajar siswa mengalami penurunan. Utamanya sejak Pandemi Covid-19, belajar siswa tidak maksimal meskipun dilaksanakan secara Daring dan saat belajar di rumah melibatkan peran serta para orangtua.

Kata Agus Sumarno, pembelajaran oleh orang tua dan guru memang beda. Sebab, guru memiliki ilmu basic profesi edukatif dengan dilandasi ilmu didaktik-metodik serta paham terhadap psikologi anak.

Dalam PLS, guru akan berperan aktif memberikan tugas kepada siswa, khususnya tugas membaca buku dan meringkas isinya. Harapannya, membaca buku akan menjadi hobi atau setidak-tidaknya membaca akan menjadi kebiasaan (reading habit) bagi siswa. Baik saat di sekolah maupun di rumah.

Kegiatan PLS juga diisi ceramah umum oleh Kepala Sekolah (Kasek) dengan menampilkan contoh-contoh karya literasi dari Kasek selaku penggerak literasi. Di akhir kegiatan, akan dibagikan reward kepada siswa tergiat berupa buku-buku bacaan.

Bambang Pur