blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – SDN 1 Clering, Kecamatan Donorojo, terpilih sebagai Juara I Sekolah Dasar Bersih Sehat (SDBS) tingkat Kabupaten Jepara tahun 2022. Menyebut SDBS sebagai lomba yang membutuhkan kerja keras, status juara tersebut dirasakan seperti kesejukan hujan di tengah kemarau.
“Iya. Rasanya ‘nyes”, mengobati kerja keras kami menyiapkan dan merawat lingkungan sekolah, Juga kerja keras membiasakan warga sekolah berbudaya hidup bersih dan sehat,” kata Kepala SDN 1 Clering, Erni Siswati, Rabu (5/10/2022).
Seminggu sebelumnya, Erni menerima piala juara I SDBS tingkat Kabupaten Jepara dari Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Jepara Mudrikatun. Penyerahan dilakukan di sela lomba Mapsi tingkat Kabupaten Jepara di kompleks SMP N 1 Mlonggo.
Menurut Erni, SDBS merupakan lomba yang sulit, terutama terkait penataan, upaya membenahi lingkungan sekolah agar memenuhi instrumen-instrumen penilaian. “Benar-benar memerlukan dana yang banyak serta kerja keras. Misalnya untuk sarana taman yang indah dan serasi. Juga apotek hidup, kolam ikan, hingga pembiasaan hidup bersih dan sehat yang di antaranya dilakukan melalui pengelolaan dan pembiasaan pemilahan sampah warga sekolah,” kata Erni lagi.

blank
Koordinator Satuan Koordinasi Pendidikan (Satkordik) Kecamatan Donorojo Ahmad Mashud mengapresiasi prestasi tersebut. Dia menyebut, SDN 1 Clering meski jauh dari kota Jepara, telah mengikuti seleksi SDBS tahun 2021. “Kekurangannya dibenahi tahun 2022 sehingga keinginan menjadi juara bisa terwujud,” kata Mashud.
Menurutnya, prestasi itu diraih berkat kerja sama pendidik, tenaga kependidikan, hingga karyawan. “Termasuk penjaga sekolah Pak Pantrimo dalam desain dan pemeliharaan taman bersama komite sekolah,” tambah Mashud. Dia berharap kerja sama sekolah dan komite bisa semakin baik.
“Ini cerminan kemauan warga Satkordikcam Donorojo dalam komitmen yang kita sepakati bersama, yakni “Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti.” Itu sudah menjadi komitmen kita bersama,” kata Mashud bersama wakilnya, Fedy Akhyat.

Hadepe