blank
Personel Damkar Pemkab Wonogiri dari Unit Pos Baturetno, melakukan pemadaman di Gedung SMA Gajah Mungkur Baturetno, Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gedung SMA Gajah Mungkur di Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri terbakar. Pemicu kebakaran diduga dari api pembakaran sampah. Tidak ada korban jiwa, sebab gedung sekolah swasta itu sudah lama tidak melakukan aktivitas pembelajaran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, kebakaran terjadi Rabu pagi (5/10) tadi Pukul 08.15. Pemadaman dilakukan oleh Regu Damkar Unit Pos Baturetno sampai Pukul 09.20.

”Kami mengirimkan satu unit mobil Damkar ke lokasi,” jelas Joko Santosa. Lokasi Gedung SMA Gajah Mungkur berada di Dusun Batu Kidul RT 4/RW VII, Kelurahan Baturetno, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Ikut membantu pemadaman yang dilakukan oleh regu brandweer (beranggotakan 5 personel), jajaran Polsek dan anggota Koramil Baturetno bersama warga masyarakat.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas. Tapi diduga dari api pembakaran sampah yang dilakukan dalam ruangan. Karena ada tiupan angin, api berkobar tidak terkendali, membakar kertas dan kayu yang berada di tiga lokal kelas.

Kepala UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyerukan, agar warga masyarakat tidak sembarangan membakar sampah. Sebab, itu berpotensi memicu terjadinya kebakaran.

Bambang Pur