blank
SIAGA - Personel Polri dan TNI bersiaga di tengah gas air mata. (foto: skysport)

SUARABARU.ID – Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (01/10/2022) malam, mengundang ungkapan duka cita dari sekuluh dunia, khususnya kalangan sepakbola.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan, dunia sepak bola dalam keadaan shock menyusul insiden tragis yang terjadi di Indonesia pada akhir pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

“Ini adalah hari yang kelam bagi semua yang terlibat dalam sepak bola dan tragedi di luar dugaan. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini,” katanya, sebagaimana dikutip dari skysport.

“Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, mereka yang terluka, bersama dengan rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Asosiasi Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia, pada saat yang sulit ini.”

Asosiasi sepak bola Indonesia, PSSI, telah menangguhkan liga utama tanpa batas waktu sehubungan dengan tragedi itu dan melarang Arema menjadi tuan rumah pertandingan untuk sisa musim ini.

Justinus Lhaksana, mantan pelatih tim futsal nasional Indonesia, mengatakan kepada Sky News: “Ini bukan pertama kalinya kami memiliki korban yang mematikan. Tapi biasanya satu atau dua orang yang meninggal setelah pertandingan. Saya sangat sedih solusi yang tepat tidak ditemukan sebelum ini terjadi.”

Mr Lhaksana mengklaim penggemar di Indonesia memasuki lapangan “hampir setiap akhir pekan”, dan gangguan seperti itu telah berlangsung selama bertahun-tahun. “Ini bukan bentrokan antara dua rivalitas – ini hanya bentrokan antara penggemar yang kecewa dan polisi.”

Pertandingan hari Sabtu termasuk di antara bencana sepak bola terburuk di dunia, bergabung dengan pertandingan seperti Hillsborough, yang merenggut nyawa 97 penggemar Liverpool.

Sejumlah klub Inggris, termasuk Manchester United, Arsenal, dan Liverpool mengungkapkan kesedihan mereka atas tragedi terbaru. Di Spanyol, La Liga mengheningkan cipta selama satu menit sebelum pertandingan “sebagai tanda penghormatan atas tragedi yang terjadi kemarin di Indonesia.”

Manchester United
@ManUtd

Manchester United sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami mengirimkan belasungkawa tulus kami kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak.

Manchester City
@ManCity
Kami sangat sedih mendengar peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia. Pikiran kita bersama semua orang yang terkena dampak.

Liverpool FC
@LFC

Kami sangat sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia. Pikiran semua orang di Liverpool Football Club bersama semua yang terkena dampak saat ini.

Arsenal
@Arsenal
Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini. Bersama dengan semua orang yang menemukan koneksi melalui sepak bola, pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak tragedi ini.

FC Barcelona
@FC Barcelona
FC Barcelona berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan di Indonesia dan menolak segala tindakan kekerasan baik di dalam maupun di luar lapangan. Belasungkawa yang tulus kami sampaikan kepada keluarga dan teman-teman para korban.

Nur Muktiadi