blank
Mahasiswa asal Suku Batak, Bintang Raphael Cornelius mengenakan ulos dan Aprillya Christina Berta, Ketua Bidang Minat dan Bakat BEM FIB Undip yang berbatik. Foto: Arbenaya Candra

“Khususnya karena kita berada di FIB, alangkah lebih baiknya mahasiswa dapat lebih berbudaya dengan cara memakai batik. Diharapkan tradisi ini juga bisa dilakukan secara terus-menerus,” tambahnya.

Berta juga mengatakan bahwa Bidang Minat dan Bakat BEM FIB Undip akan melangsungkan kegiatan secara luring yang mana akan mewajibkan masyarakat Kampus Budaya mengenakan batik.

“Kegiatannya bernama Karismatik, nanti ditunggu saja, kita juga akan melibatkan beberapa Organisasi Mahasiswa FIB melalui lingkar Mikat. Silakan foto saja di spot-spot foto yang ada di FIB, nanti akan di unggah ke media social,” kata Berta.

 

Mendapat respon positif dari mahasiswa FIB, Mahasiswi Sastra Indonesia tersebut mengaku senang melihat antusiasme masyarakat Kampus Budaya yang turut meramaikan Kampanye ‘Kamis Ceria Bersama Batik’ ini.

“Berharap semuanya, sih, karena juga telah diikuti fakultas lainnya. Tapi karena kita mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, mohon banget untuk semuanya bisa mengenakan batik, supaya bisa menunjukkan kalau kita itu cinta batik dan benar-benar mahasiswa berbudaya,” pungkas Berta dalam wawancara Tim liputan Suarabaru.id pada Kamis (29/09/2022).

Tidak hanya dimeriahkan oleh mahasiswa asal Jawa saja, Karismatik pun disambut baik oleh Bintang Raphael Cornelius, mahasiswa Sstra Indonesia FIB Undip asal Suku Batak. “Menurut saya kampanye ini sebuah langkah yang bagus, mengingat hal ini akan kembali menyadarkan mahasiswa FIB untuk tidak lupa akan budayanya sendiri, salah satunya adalah batik.”

Bintang juga memberikan masukan bahwasannya tidak hanya batik yang seharusnya ditonjolkan, melainkan kain-kain atau pakaian adat dari Nusantara juga bisa turut digalakan dalam kampanye ini. “Selain tidak hanya batik, mungkin kampanye ini juga bisa dilakukan tidak hanya untuk mahasiswa, ya, melainkan seluruh civitas akademika Kampus,” tambahnya.

Menyambut baik kampanye ini, mahasiswa terlihat bersemangat untuk berswafoto mengenakan batik dan berlomba-lomba untuk memamerkannya di akun media sosial pribadi mereka masing-masing. Yuk, jangan mau kalah dari mahasiswa FIB dan lestarikan budayamu!

Arbenaya Candra