blank
Ivan Adi Cahyono (dua dari kiri) menunjukkan medali bersama rekan-rekannya seusai juara dalam Porsimaptar di GOR Bulu Tangkis Akpol. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kejutan diperlihatkan pemain ganda USM, Ivan Adi Cahyono dalam Porsimaptar di GOR bulu tangkis Akpol pada 30 September 2022.

Meski Ivan spesialisasinya bermain ganda, dia mampu meraih tempat terhormat di nomor tunggal putra setelah di final mengalahkan rekan satu kampus, Faris Yuzufa dengan skor 21-15,17-21,21-18.

Di nomor ganda putra, Ivan yang berpasangan dengan Fajri Bediona juga lolos ke final. Sayangnya, di partai puncak, Ivan/Fajri dipaksa mengakui keunggulan pasangan Unnes, Naufal/Saherdian dengan skor 16-21,21-18,15-21.

Di nomor ganda putra, USM juga meraih medali perunggu yang dipersembahkan Dimas Satria Aji/Niki (USM/UNY). Di semifinal, pasangan gado-gado Dimas/Niki menyerah dari pasangan Unnes, Naufal/Saherdian.

Menurut Ivan, hasil bagus di nomor tunggal putra tidak diduga sebelumnya. Pasalnya, selama ini dia fokus persiapan di ganda.
”Kalau saya latihan main tunggal, itu hanya untuk hiburan saja. Alhamdulillah, hasilnya malah yang juara di tunggal,” ujaarnya.

Dia mengatakan, meskipun dia bisa berprestasi di nomor tunggal, dia tidak akan fokus main nomor tersebut. Dia merasa sudah nyaman bermain di nomor ganda.

”Saya lebih suka bermain di ganda, baik ganda putra maupun ganda campuran,” ungkap Ivan.

Komitmen Ivan bermain di ganda memang sudah dibuktikan saat tampil di Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) dan UNY Open di Yogyakarta pekan lalu.

Di dua event tersebut, Ivan yang tampil di ganda campuran berpasangan dengan Jovika Vandaria Ester mampu meraih medali emas.

Dengan hasil di Pomprov tersebut, Ivan/Jovika akan turun memperkuat Jawa Tengah dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) mendatang.

Pelatih USM, Alfa Vivianita mengatakan, hasil yang diraih para atletnya di Porsimaptar cukup bagus. Pasalnya, mereka tidak melakukan persiapan menghadapi Porsimaptar.

”Sebenarnya, para atlet saya persiapan menghadapi kejuaraan antarmahasiwa di Malang mulai 3 Oktober nanti. Fokus mereka sebenarnya ke Malang. Semoga mereka bisa menjaga konsistensi permainannya saat bertanding dalam Kejuaraan Antarmahasiswa di Malang nanti,” kata mantan pemain pelatnas.

Muhaimin