blank
Kepala Puskesmas Kedung 1 dr. Mukhamad Amirudin K.A dan Ketua Pokjanal Kecamatan Kedung mendampingi Ketua Pokja Posyandu Desa Sowan Kidul menerima penghargaan dari Pj Bupati Jepara (Foto: Novita)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kepala Puskesmas Kedung 1 dr. Mukhamad Amirudin K.A dan Ketua Pokjanal Kecamatan Kedung mendampingi Ketua Pokja Posyandu Desa Sowan Kidul menerima  penghargaan dari Pj Bupati Jepara sebagai Juara 1 Lomba Posyandu, Jumat (30/9).

Posyandu Melati Desa Sowan Kidul merupakan salah satu Posyandu dengan strata Mandiri (Posyandu Aktif) di wilayah Kerja Puskesmas Kedung 1. Hal ini menjadi bukti nyata keberhasilan Pemerintah Desa, Lintas Sektor dan Masyarakat dalam meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

blank
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama para  penerima pengarhargaan Posyandu Tingkat Kabupaten Jepara (Foto: Novita)

Pada tahun 2022, Desa Sowan Kidul ditetapkan sebagai Desa Lokus Stunting. Namun hal tersebut justru menjadi penyemangat bagi Pihak Puskesmas, Pemerintah Desa dan Para Kader dalam mengoptimalkan peran Posyandu sebagai upaya promotif-preventif yang paling terdepan dalam pencegahan stunting di Kabupaten Jepara khususnya Kecamatan Kedung.

Puskesmas Kedung 1 terus lakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas para kader Posyandu secara berkelanjutan. Tujuannya   agar Posyandu sebagai mitra Puskesmas dapat terus aktif dalam membantu upaya pencegahan stunting, masalah gizi, dan masalah penyakit lainnya, serta peningkatan PHBS.

Posyandu Melati merupakan Posyandu Unggulan Desa Sowan Kidul yang memiliki Visi “ Terwujudnya masyarakat sehat dan mandiri”. Posyandu ini memiliki program posyandu baik yaitu pelayanan kesehatan dan pencegahan penyakit, posyandu. Dengan pembinaan dan pendampingan oleh Puskesmas Kedung 1 secara berkelanjutan, Program Posyandu dibidang kesehatan terus dikembangkan.

blank
Kepala Puskesmas Kedung 1 dr. Mukhamad Amirudin K.A bersama Pengurus Posyandu Melati Desa Sowan Kidul (Foto: Novita)

Kini Posyandu Melati Integrasi memiliki kegiatan-kegiatan pengembangan diantaranya yaitu Posyandu Remaja, Posyandu Lansia, Bina Keluarga Balita, dan Pos Paud yang bertujuan untuk peningkatan kesehatan serta perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Posyandu Melati juga memiliki berbagai program inovasi seperti: Inovasi: Si Comel Jelita “Aksi Ibu Cerdas Peduli Timbangan dan Kesehatan Balita”, WARAS STUNTING “WA Group Anak Sehat Bebas Stunting”, GADIS CENTIL “Gerakan Donasi Sampah Cegah Stunting Keluarga”, ABON MAHESO “Abon Masyarakat Sehat Sowan Kidul”, dan Budidaya Lele – Stunting bye bye.

Hadepe-Novita